Menag: Persiapan Ibadah Haji 2017 Mendekati Final

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

VIVA.co.id – Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, memastikan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1438 Hijriah atau 2017 Masehi sudah hampir rampung. Persiapan yang dilakukan Kemenag meliputi persiapan di Indonesia dan di Tanah Suci, Arab Saudi.

Tak Banyak Masalah, Kemenag Nilai Proses Persiapan Haji Berjalan Baik

Menurut Lukman, persiapan di Arab Saudi sudah mendekati final. Karena sejumlah hotel bagi jemaah haji Indonesia di Mekah dan Madinah sudah tersewa dengan kontrak, termasuk katering untuk jemaah selama musim haji.

Kemudian, masalah transportasi yang akan membawa jemaah haji RI dari Madinah-Mekah, Jeddah-Mekah, termasuk Arafah-Mina, juga sudah rampung. Perusahaan jasa penyedia transportasi sudah disewa untuk mobilisasi jemaah haji RI.

Saudia Airlines Angkut 106 Ribu Jemaah Haji Indonesia 2024

"Jadi, boleh dikatakan hampir 100 persen persiapan di Saudi Arabia ini sudah mendekati final," kata Lukman Hakim di kantornya, Jumat, 7 Juli 2017.

Sementara itu, untuk persiapan di dalam negeri, Lukman mengatakan panitia tengah fokus menyelesaikan masalah dokumen perjalanan, termasuk pengurusan visa jemaah.

Tahap II Ditutup, 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

"Ini yang dalam hari-hari ini terus kami intensifkan, sehingga kemudian pada saatnya nanti pada 28 Juli itu adalah tanggal kloter pertama seluruh jemaah haji kita berangkatkan dari seluruh embarkasi. Ada 13 embarkasi yang akan memberangkatkan seluruh jemaah haji kita," ujarnya.

Pada musim haji 2017, Indonesia akan memberangkatkan 221 ribu jemaah haji ke Tanah Suci. Jumlah jemaah haji RI tahun ini mengalami kenaikan 52.200 jemaah dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 168.800 jemaah.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi telah mengembalikan kuota normal jemaah haji RI sebanyak 211 ribu jemaah, ditambah penambahan 10 ribu jemaah berdasarkan lobi pemerintah RI kepada pemerintah Arab Saudi. Dengan demikian, total kuota haji RI pada 2017 berjumlah 221 ribu jemaah.

Kemudian, untuk awal pemberangkatan dari Tanah Air pada 28 Juli 2017 dan pemberangkatan terakhir 26 Agustus 2017. Sementara itu, pemulangan jemaah haji paling awal dari Arab Saudi mulai 6 September 2017 dan pemulangan terakhir pada 5 Oktober 2017. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya