Tiga Daerah di Kalimantan Jadi Kandidat Ibu Kota Baru RI

Sejumlah pekerja saat menyelesaikan proyek infrastruktur. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA/Septianda Perdana

VIVA.co.id – Pemerintah memastikan ada tiga provinsi yang menjadi pilihan rencana pemindahan ibu kota negara. Ketiga daerah itu diyakini ideal dan memiliki ketersediaan lahan yang mencukupi.

Gubernur Kalsel Instruksikan BPBD Siaga Pasca-gempa Magnitudo 6,5 di Tuban

"Ada Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, itu opsinya," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

Basuki juga memastikan rencana pemindahan ibu kota negara itu tidak akan memicu kenaikan harga tanah di lokasi ayang akan ditentukan. Sebab, seluruh tanah yang akan dipergunakan merupakan milik negara.

5 Caleg Dapil Kalsel 2 yang Lolos ke Senayan, Ada Nama Eks Dandim Tanah Bumbu

"Enggak, itu (harga tanah) sudah dikunci, karena itu tanah negara," katanya.

Dikatakan Basuki, secara prinsip pemindahan ibu kota tersebut sudah difinalisasi oleh pemerintah. Mengingat kondisi Pulau Jawa yang memang terlihat timpang dengan daerah lain di luar Pulau Jawa.

Swasembada Beras, Tapin Siap Penuhi Kebutuhan Pangan di IKN

"PDB (Pendapatan Domestik Bruto) 58 persen Indonesia ada di Jawa. Penduduknya 60-70 persen di Jawa. Tanahnya cuma 6 persen dari total area Indonesia. Jadi ketimpangan itu yang akan kita atasi untuk lebih memeratakan pembangunan," katanya.

Di bagian lain terkait instansi yang akan ikut dipindahkan, Basuki enggan merinci detail. Menurutnya hal itu masih diinventarisir.

"Itu sudah list Kementerian apa saja, kedutaan apa saja lembaga apa saja di list tapi belum diputuskan ini kan laporan pendahuluan saja," ujar Basuki. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya