Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 14 Juli 2017 | 07:11 WIB
  • Sukses di Mudik Lebaran, Menhub Beri Penghargaan Kakorlantas

  • Oleh
    • Dusep Malik,
    • Irwandi Arsyad
Sukses di Mudik Lebaran, Menhub Beri Penghargaan Kakorlantas
Photo :
  • Istimewa
Menhub Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri Royke Lumowa.

VIVA.co.id – Korps Lalu Lintas Polri menjadi salah satu pihak yang dinilai sukses melaksanakan tugas dan pelayanan kepada masyarakat pada operasi Ramadniya 2017. Terutama memberikan pengamanan dan kelancaran arus mudik maupun balik Lebaran.

Atas keberhasilan kepolisian itu, Kementerian Perhubungan memberikan penghargaan kepada Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa. Kemenhub menilai peran aktif Korlantas Polri dapat mewujudkan kelancaran arus lalu lintas mudik dan balik Lebaran.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyerahkan langsung penghargaan berupa trofi dan piagam penghargaan kepada Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa di acara penghargaan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2017 di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Kamis 13 Juli 2017.

Mantan direktur utama Angkasa Pura II ini menilai kinerja kakorlantas Polri sangat baik, karena berhasil membuat kelancaran selama arus lalu lintas mudik maupun arus balik Lebaran. Hal ini dikarenakan peran aktif yang turun langsung ke lapangan, baik sebelum mulai arus mudik hingga selesai arus balik.

“Dengan turunnya kakorlantas di lapangan, para petugas yang berada di posko mudik pun semakin terpacu dalam bekerja demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Budi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis 13 Juli 2017.

Apresiasi dan penghargaan itu juga diberikan kepada seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder yang tergabung dan terlibat dalam tim terpadu pengamanan mudik Lebaran 2017.

Di antaranya yakni Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Polri, TNI, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta sejumlah pihak terkait. Semuanya dinilai sukses dalam menjalankan tugasnya. 

Budi mengatakan, penghargaan itu merupakan apresiasi dan penghargaan keberhasilan dan kerja sama semua stakeholder. Keberhasilan itu, kata dia, sesuai dengan amanah dari Presiden Joko Widodo.

"Disiplin kerja dan semangat melayani masyarakat dengan tulus ikhlas menjadi kekuatan dan energi dalam melaksanakan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2017 ini,” ujarnya.

Penghargaan itu diberikan dalam tiga bentuk. Pertama, memberikan penghargaan berupa trofi. Kategori kedua adalah penghargaan berupa plakat dan ketiga, penghargaan berupa sertifikat kepada kementerian atau lembaga yang telah memberikan dukungan sepenuhnya secara aktif.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga memberikan apresiasi kepada Polri dan semua pihak yang terlibat dalam memberikan keamanan, kenyamanan, dan kelancaran mudik Lebaran 2017. Hal itu disampaikan Jokowi pada saat acara perayaan HUT Bhayangkara ke-71 di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat, Senin 10 Juli 2017.