Gempa Darat 10 Kilometer di Padang Sidempuan Terasa 20 Detik

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa darat dangkal di kedalaman 10 kilometer berkekuatan 5,5 skala richter mengguncang wilayah Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Jumat, 14 Juli 2017.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa darat yang tak berpotensi tsunami ini dirasakan oleh warga selama 20 detik.

Sejumlah warga panik dan sempat berhamburan keluar rumah. "Atap rumah bergetar cukup keras, perabotan berbunyi dan bergoyang," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran persnya.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Gempa ini juga bisa dirasakan di empat kabupaten yakni, Padang Sidempuan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Termasuk juga hingga Provinsi Riau, gempa ini bisa dirasakan selama 10 detik di Kabupaten Rokan Hulu.

"Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa," ujar Sutopo.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Sejauh ini, BNPB bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat masih terus melakukan pemantauan dampak dari gempa tersebut.

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024