Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 14 Juli 2017 | 11:36 WIB
  • Wisata ke Gorontalo? Pilihannya Sekarang Ada Citilink

  • Oleh
    • Ririn Aprilia
Wisata ke Gorontalo? Pilihannya Sekarang Ada Citilink
Photo :
  • Citilink
Maskapai penerbangan Citilink

VIVA.co.id – Menikmati keindahan pariwisata di Indonesia bagian Timur kini makin mudah dan murah. Per 28 Juli 2017 nanti, maskapai berbiaya murah Citilink Indonesia akan membuka rute penerbangan harian berjadwal baru Jakarta menuju Gorontalo via Makassar.

Rute ini berujuan untuk menjadi salah satu motor penggerak pertumbuhan perekonomian dan pariwisata di Kawasan Timur Indonesia (KTI). “Bagus! Akses menuju destinasi wisata di sana juga makin berkembang! Ingat pariwisata itu terkait dengan 3A,” ujar Menpar Arief Yahya.

Yang dimaksud 3A Menpar Arief itu adalah Atraksi, Akses, dan Amenitas. Ketika atraksi sudah kuat, dan amenitasnya ada, maka akses itu sangat menentukan.

Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo mengatakan, pembukaan rute Jakarta-Gorontalo untuk mendukung pariwisata Indonesia.

“Pembukaan rute ke Gorontalo ini merupakan bagian dari strategi bisnis Citilink dalam memperluas dan memperkuat jaringan rute penerbangan di kota-kota Timur Indonesia. Harapnya ini bisa memantapkan posisi Citilink sebagai maskapai berbiaya murah terkemuka di Indonesia,” kata Juliandra Nurtjahjo di Jakarta, Kamis 13 Juli 2017.

Juliandra menjelaskan, sepanjang 2017, Citilink Indonesia telah membuka empat rute baru. Tiga rute baru di Kawasan Timur Indonesia yaitu Jayapura, Kendari, dan Gorontalo dan juga rute regional pertama ke Dili. Gorontalo dipilih lantaran memiliki nilai strategis sebagai jalur perekonomian Indonesia. Selain itu, letak geografis Gorontalo yang berdekatan dengan negara-negara tetangga di ASEAN.

“Posisinya membuat Gorontalo menjadi salah satu provinsi dengan tingkat pertumbuhan ekonomi paling cepat. Ini menjadi salah satu roda penggerak ekonomi dan pariwisata Indonesia di KTI,” ujarnya.

Penerbangan dari Jakarta ke Gorontalo via Makassar akan menggunakan pesawat QG 310. Rute tersebut akan dimulai Jumat 28 Juli 2017, pukul 04.30 WIB dan tiba di Gorontalo pukul 10.15 WITA, setelah sebelumnya transit selama 50 menit di Makassar. Sementara itu, untuk penerbangan sebaliknya dari Gorontalo menuju ke Jakarta (via Makassar) akan berangkat pukul 11.00 WITA dan tiba di Jakarta pada pukul 15.10 WIB.

Yang ingin merasakan penerbangan perdana ini, masyarakat bisa mulai memesan hari Kamis 13 Juli 2017 di seluruh saluran pembelian tiket Citilink Indonesia, terutama melalui web www.citilink.co.id.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi komitmen Citilink Indonesia untuk terus menjangkau kawasan pariwisata Indonesia timur. Apalagi, aksesibilitas menjadi salah satu concern pria asal Banyuwangi itu selain Atraksi dan Amenitas (3A), yang menjadi rumus pengembangan destinasi wisata.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Citilink. Mudah-mudahan setelah ini banyak maskapai yang mengekor,” ungkap Menpar Arief Yahya.

Gorontalo sendiri terkenal dengan pesona wisata baharinya. Salah satunya hiu paus atau whale shark. “Ini atraksi yang luar biasa. Mudah-mudahan setelah adanya penerbangan ini maka bisa mempercepat niatan Gorontalo untuk mewujudkan wilayahnya sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia,” katanya. (webtorial)