Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 14 Juli 2017 | 11:43 WIB
  • MK Gelar Pemilihan Ketua Barunya Hari Ini

  • Oleh
    • Dedy Priatmojo,
    • Eka Permadi
MK Gelar Pemilihan Ketua Barunya Hari Ini
Photo :
  • VIVA.co.id/Mahkamah Konstitusi
Sembilan hakim saat berfoto di depan gedung Mahkamah Konstitusi beberapa waktu silam.

VIVA.co.id – Mahkamah Konstitusi tengah menggelar pemilihan ketua barunya untuk periode 2017-2020. Pemilihan ini sesuai dengan Peraturan MK Nomor 13 tahun 2012, dalam peraturan ini sembilan hakim konstitusi akan memilih salah satu dari mereka untuk menjadi Ketua MK.

Bila mengacu pada pasal 2 ayat 2 Peraturan MK Nomor 13 tahun 2012. Ketua MK yang masih menjabat, Arief Hidayat mempunyai peluang untuk kembali terpilih memimpin lembaga hukum tertinggi di Indonesia.

"Dari pemilihan ini, setiap hakim konstitusi berhak mencalonkan dan dicalonkan sebagai Ketua MK. Ketentuannya dapat dipilih kembali, jadi periodenya dua tahun enam bulan dan bisa dipilih kembali," kata Kepala Biro Humas dan Protokol MK, Rubiyo di gedung MK, Jakarta, Jumat 14 Juli 2017.

MK hari ini menggelar pergantian pimpinan, sesuai dengan berakhirnya masa jabatan, Arief Hidayat, selaku Ketua MK saat ini. Selain Arief, delapan hakim konstitusi lainnya juga berpeluang menjadi ketua MK.

"Mengenai calon terkuat, kami tidak mengetahuinya. Sebab, itu menjadi ranah bapak dan Ibu hakim (konstitusi)," ujar Rubiyo.

Pemilihan sendiri dilakukan secara tertutup. Dalam pertemuan tertutup tersebut para hakim konstitusi akan bermusyawarah memilih salah satu dari mereka untuk menjadi ketua MK. Bila musyawarah tidak bisa menghasilkan nama Ketua, maka ke sembilan hakim konstitusi akan melakukan voting.

Kesembilan orang hakim konstitusi yang sedang melakukan pemilihan adalah, Arief Hidayat, Anwar Usman, Aswanto, Maria Farida Indrawati, Wahiduddin Adams, I Dewa Gede Palguna, Suhartoyo, Manahan Sitompul dan Saldi Isra.

Setelah prosesi pemilihan Ketua MK selesai, selanjutnya, pada pukul 14.00 WIB, Ketua MK terpilih akan langsung disumpah sebelum menduduki jabatannya.

"Prosesi pengucapan sumpah akan dihadiri oleh pimpinan lembaga negara dan kementerian serta seluruh pejabat dan pegawai MK," ujarnya.