Sistem Perizinan Online Angkutan Hapus Pungli

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluncurkan sistem pelayanan perizinan online bagi angkutan sewa khusus. Langkah BPTJ menerapkan sistem tersebut mendapatkan apresiasi dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

"Hari ini saya bahagia, keinginan kita untuk maju dengan sistem digital selangkah lebih maju lagi," kata dia di kantor BPTJ, Jakarta, Minggu, 16 Juli 2017.

Budi Karya menuturkan bahwa sistem pelayanan online atau daring ini bisa lebih efisien. Selain itu, juga mencegah dari kegiatan pungutan liar (pungli).

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

"Dengan sistem online ini akan menghapus semua tatap muka, dan kita tahu di angkutan itu penuh warna. Oleh karenanya, perizinan ini warnanya menjadi putih semua, tidak ada tatap muka lagi. Jadi waktu lebih singkat tidak ada pungli, dan bisa memberikan suatu kepastian," tuturnya.

Tidak menutup kemungkinan, setelah sistem perizinan online di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) berhasil, maka akan dilakukan juga sistem perizinan online di daerah lain.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

"Ya pasti. Jakarta adalah model, Jakarta harus memberi dahulu, jumlah kompilikasi, banyaknya pengguna. Kalau kita berhasil melaksanakan di Jakarta, kita akan melakukan di tempat lain," katanya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut: Sistem Perizinan Usaha Via OSS Masih Butuh Penyempurnaan

Penerapan OSS sendiri sudah cukup berhasil dilakukan pada skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2022