Banjir Landa Belitung, Akses Jalan Terputus

Banjir di Belitung dan Belitung Timur Jumat hingga Minggu, 16 Juli 2017.
Sumber :
  • BNPB

VIVA.co.id - Hujan deras yang terjadi selama dua hari hingga hari ini menyebabkan banjir yang luas di beberapa wilayah di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Ribuan rumah terendam banjir hingga ketinggian 1-2 meter.

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

Banjir di Kabupaten Belitung melanda empat kecamatan, yaitu Tanjung Pandan, Membalong, Sijuk dan Badau. Beberapa ruas jalan bahkan tidak bisa dilalui kendaraan lantaran terendam banjir. 

Banjir di Belitung dan Belitung Timur Jumat hingga Minggu, 16 Juli 2017.

Quick Count Pileg di Bangka Belitung, Gerindra Hattrick Kemenangan Beruntun

Banjir itu juga mengakibatan 40 rumah di Desa Kembiri, Kecamatan Membalong, terendam banjir hingga dua meter akibat luapan Sungai Kembiri. Kerugian sementara lima unit perahu sampan dan dua unit perahu boat milik masyarakat Desa Sungai Padang.

Sementara itu di Kabupaten Belitung Timur, banjir merendam tujuh kecamatan di antaranya Simpang Renggiang, Kepala Kampit, Dendang, Damar, Gantung dan Manggar. Meski tidak ada korban jiwa, akses jalan Kelapa Kampit-Tanjung Pandang mengalami kerusakan karena terus tergerus aliran air hujan.

Pileg Babel, 3 Caleg Ini Berpeluang Masuk Senayan versi Quick Count

Banjir di Belitung dan Belitung Timur Jumat hingga Minggu, 16 Juli 2017.

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo, melalui keterangan tertulisnya menyebutkan bahwa aparat gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Basarnas, serta berbagai elemen lainnya turut membantu evakuasi warga korban banjir.

"Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa. Pengungsi ditempatkan di daerah-daerah tinggi yang tidak terkena banjir. Pendataan masih dilakukan," ujar Sutopo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya