Hari Pertama Belajar, Orangtua Segel Sekolah di Jambi

Ilustrasi aksi demonstrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

VIVA.co.id – Hari pertama masuk sekolah di SMAN 6 Kota Jambi diwarnai aksi unjuk rasa dari para orangtua calon siswa,  Senin, 17 Juli 2017. Mereka menyegel pintu pagar sekolah tersebut.

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Mereka menggelar demonstrasi di depan sekolah tersebut. Para pengunjuk rasa menuntut pihak sekolah menerima anak-anak mereka melalui sistem jalur lingkungan. Anak-anak mereka sudah mengikuti seleksi penerimaan dengan sistem jalur lingkungan, pekan lalu. Namun semua calon siswa tersebut tidak ada satupun yang dinyatakan lulus oleh pihak sekolah.

Jalur lingkungan merupakan jalur penerimaan untuk calon siswa yang berada di lingkungan terdekat dari lokasi tersebut.

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu-Tempe Semanan Mogok 3 Hari

Merasa ada yang mencurigakan terhadap seleksi melalui jalur lingkungan tersebut, para orangtua calon siswa  menggelar aksi unjuk rasa.

"Kami menuntut pihak sekolah mengutamakan penerimaan siswa dari lingkungan terdekat. Soalnya ada yang aneh masa siswa yang mengikuti seleksi jalur lingkungan tidak ada yang lolos," ujar Sumaidah, seorang orangtua calon siswa, Senin, 17 Juli 2017.

Buruh Tangerang Blokade Jalan Raya Serang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Sambil membawa anak-anak mereka yang tidak diterima di sekolah tersebut, para orangtua calon siswa ini akhirnya nekat melakukan penyegelan pintu pagar sekolah.

Rencananya aksi ini akan terus digelar di depan sekolah tersebut hingga anak-anak mereka dapat bersekolah di sekolah itu.

Laporan Bayu Alfarizi-Muhammad Adjie (Jambi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya