Tahun Ajaran Baru, Kantor Pegadaian Diserbu Warga

Transaksi di Pegadaian.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Feny Selly

VIVA.co.id – Memasuki tahun ajaran baru sekolah, sejumlah kantor cabang pegadaian di Yogyakarta diserbu warga. Warga datang untuk menggadaikan barang miliknya untuk membayar uang masuk sekolah atau keperluan sekolah lainnya.

Sinergi BRI - Pegadaian, Luncurkan Kartu Kredit Berbasis Tabungan Emas

Padatnya jumlah warga yang datang ke kantor pegadaian sudah terjadi selama sepekan terakhir. Transaksi nasabah di salah satu kantor pegadaian di Lempuyangan, Yogyakarta juga mengalami kenaikan drastis.

Kepala Cabang Pegadaian Lempuyangan, Rustiyani mengatakan, para nasabah rata-rata menggadaikan barang berharga seperti emas dan perhiasan lainnya. "Rata-rata para nasabah menggadaikan untuk keperluan biaya masuk sekolah," kata Rustiyani, Senin 17 Juli 2017.

Ada Emas 7,1 Ton di Kantor Pegadaian Ini

Ia menambahkan, selama menjelang tahun ajaran baru, rata-rata nasabah di kantor pegadaian Lempuyangan mencapai 100 orang per harinya.

Selain di Yogyakarta, sebuah lembaga keuangan yang menerima jasa gadai di Depok, Jawa Barat, juga terlihat dipenuhi warga. Kantor yang sehari-hari terlihat sepi itu kali ini dipenuhi warga. Ade, salah seorang pengunjung mengaku menitipkan ponselnya di biro jasa gadai itu untuk menambah biaya daftar sekolah putranya.

BRI dan Pegadaian Terbitkan Kartu Emas, Bisa Buat Tarik Tunai

Pegadaian adalah salah satu alternatif yang dipilih warga untuk mendapatkan uang dengan menggadaikan barang berharganya. Hal itu dilakukan karena sewaktu-waktu barang tersebut bisa di dapat kembali.

Para warga yang menggadaikan barang berharga miliknya sebagian besar merupakan masyarakat golongan menengah ke bawah. Namun tak jarang juga ada masyarakat menengah ke atas.

Laporan : Nuryanto (Yogyakarta)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya