Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 17 Juli 2017 | 19:01 WIB
  • Eks Menteri ESDM Dapat Restu Tokoh PAN Jadi Cagub Jateng

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Eks Menteri ESDM Dapat Restu Tokoh PAN Jadi Cagub Jateng
Photo :
  • VIVA.co.id/Irwandi Arsyad
Sudirman Said, mantan Menteri ESDM.

VIVA.co.id - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mendapatkan restu sejumlah tokoh Partai Amanat Nasional untuk maju dalam Pilkada Jawa Tengah 2018. Restu itu didapat setelah dia bersilaturahmi ke sejumlah tokoh di Jateng.

"Iya, kita sudah menjalin komunikasi dengan beliau. Beliau juga kemarin sudah ketemu dengan Sekretaris DPW PAN," kata Ketua Dewan Perwakilan Wilayah PAN Jateng, Wahyu Kristianto, di Semarang pada Senin, 17 Juli 2017.

Menurut Wahyu, restu untuk pencalonannya maju di Pilkada Jateng juga didapat setelah Sudirman Said bersilaturahmi ke sejumlah ulama di Solo pada Sabtu, 15 Juli 2017. Saat itu, Sudirman juga menyambangi sejumlah pesantren di Solo Raya.

Pertemuan serta dukungan sejumlah tokoh terhadap Sudirman, kata Wahyu, juga menandakan bahwa eks Menteri ESDM asal Brebes itu menjadi salah satu tokoh yang diunggulkan PAN.

Namun apakah Sudirman dipastikan diusung PAN, Wahyu enggan membeberkan lebih jauh. Keputusan terkait tokoh yang dicalonkan paling lambat diumumkan akhir tahun 2017.

"Proses masih panjang tapi kita sudah mencoba untuk komunikasi. Kepastian paling akhir tahun," katanya.

PAN juga terus melakukan penjajakan terkait keseriusan Sudirman Said untuk maju dalam Pilkada Jateng. Salah satunya dengan menyamakan pandangan tentang konsepnya membangun Jawa Tengah lima tahun ke depan.

"Jawa Tengah kan punya potensi besar, sehingga kita punya pandangan bagaimana memberikan solusi di Jateng. Kita juga jajaki pandangan pak Sudirman," ujarnya.