Tes Urine Mendadak, 4 Personel Polisi Positif Pakai Narkoba

Ilustrasi/Tes Urine
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

VIVA.co.id – Jajaran Kepolisian Resor Poso, Sulawesi Tengah secara mendadak menggelar tes urine narkotika pada 153 personel gabungan dari kesatuan internal yang ada di Polres Poso, Senin 17 Juli 2017.

AKP Andri Gustami Kurir Gembong Narkoba Fredy Pratama Segera Disidang, Terancam 20 Tahun Bui

Pemeriksaan tes urine mendadak tersebut dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya personel Polres Poso yang menggunakan zat adiktif atau narkotika. Pelaksanaan tes urine terhadap 153 personel merupakan tahap awal dari ratusan jumlah personel polisi yang ada.

Dalam tahap awal pelaksanaan tersebut, dari 153 personel yang juga termasuk Kapolres dan Wakapolres Poso terdeteksi empat orang personel yang terindikasi positif narkoba.

Aiptu Fidel yang Ditangkap Intel TNI Bawa Sabu Jadi Tersangka

"Pelaksanaan tes urine ini merupakan upaya pihak kepolisian dalam mengantisipasi penggunaan narkoba di lingkungan Polres Poso," kata Kapolres Poso, AKBP Bogiek Sugiarto, Senin 17 Juli 2017.

Menurutnya, jika tes urine dilakukan secara terjadwal maka dikhawatirkan para personel yang mengonsumsi narkotika akan menghindar dengan tidak masuk tugas.

Oknum Polisi yang Dipergoki Intel Kodim Bawa Sabu Sudah 3 Bulan Tak Berdinas

Selesai menjalani pemeriksaan tes urine, seluruh personel kepolisian kembali ke kesatuannya masing-masing. Sementara empat orang personel yang terindikasi narkoba langsung ditangani oleh satuan provost Polres Poso yang ikut dalam pelaksanaan tes tersebut.

"Empat anggota ini akan dipanggil dan dimintai keterangan. Jika terbukti positif maka tidak segan untuk melakukan tindakan tegas sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku," ujarnya.

Laporan: Friman Asdar/ Poso

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya