Komnas HAM Sesalkan Pemerintah Soal Bullying

Ilustrasi/Kekerasan terhadap anak.
Sumber :
  • www.onvsoff.com

VIVA.co.id –  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia mengutuk keras atas kembali terjadinya aksi kekerasan di dunia pendidikan.

Skandal Baru! Aktris Money Heist Korea Jeon Jong Seo Dituding Terlibat Bullying

Seperti diketahui, kasus bullying di dunia pendidikan terjadi di dua lokasi berbeda dalam waktu berdekatan. Satu kasus bullying yang menimpa seorang mahasiswa di Universitas Gunadarma Depok, serta kasus lainnya yang menimpa seorang pelajar SMP Negeri di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Ini adalah gejala gunung es," ucap salah seorang Komisioner Komnas HAM, Manager Nasution dalam keterangan tertulisnya pada VIVA.co.id, Selasa 18 Juli 2017.

Buntut Dugaan Kasus Bullying, Agensi Jeon Jong Seo Ambil Tindakan Hukum

Menurutnya, negara terutama pemerintah gagal hadir untuk menjamin bahwa peristiwa yang sama tidak terulang. Pemerintah harusnya memberikan peringatan keras kepada pimpinan kampus dan sekolah yang bermasalah atas ketidakmampuannya memastikan kampus dan sekolah bebas perundungan.

Selain itu, pimpinan kampus dan sekokah juga harus memberikan hukuman kepada pelaku baik sanksi akademik maupun pidana dengan menyerahkannya kepada pihak berwajib supaya menjadi efek jera.

Agensi Benarkan Song Ha Yoon Pernah Dipindah Sekolah karena Kasus Bullying

"Pemerintah harus mewanti-wanti dan memastikan dunia pendidikan Indonesia bebas perundungan, apalagi sekarang masa-masa penerimaan mahasiswa atau siswa baru," ucap dia lagi.

Ilustrasi dokter/rumah sakit.

Marak Kejadian Perundungan, Kemenkes Lakukan Skrining Kesehatan Jiwa Pada Calon Dokter Spesialis

Hasil skrining Kemenkes soal kesehatan jiwa calon dokter spesialis do 28 rumah sakit, terdapat 2.716 calon dokter spesialis yang didiagnosa mengalami depresi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024