Tuban Diguncang Gempa, Warga Diminta Tetap Tenang

Seismograf, alat pencatat pergerakan gempa bumi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rudi Mulya

VIVA.co.id – Minggu 23 Juli 2017, wilayah Paciran, Tuban, dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi ini terjadi pukul 19.28.58 WIB dengan kekuatan 4,2 skala richter. Gempa ini selanjutnya disusul oleh gempa susulan (aftershock) pada pukul 19.43.09 WIB dengan kekuatan 3,2 skala richter.

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

Episenter gempa ini terletak pada koordinat 6,82 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur, tepatnya di laut pada jarak 17 km arah timurlaut Kota Paciran pada kedalaman 5 km.

Hasil analisis peta tingkat guncangan menunjukkan bahwa gempabumi ini dirasakan pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI di Tuban, Paciran, Sukowati, Brondong, Drajat, Sentul, Pangkah Kulon, dan Sekapuk. Hal ini sesuai dengan laporan masyarakat, bahwa gempa ini dirasakan oleh orang banyak. Beberapa warga juga dilaporkan sempat belarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, gempabumi ini jika dilihat dari lokasi dan kedalamannya merupakan jenis gempabumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif di lepas pantai Tuban.

"Hasil analisis mekanisme sumber gempa menunjukkan bahwa gempabumi dipicu oleh sesar/patahan dengan pergerakan arah mendatar dengan sedikit unsur naik (oblique thrust)," terang Daryono dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Secara tektonik, struktur sesar yang berdekatan dengan titik episenter adalah Sesar Rembang terdapat di daratan pesisir Tuban yang oleh para ahli teridentifikasi sebagai sesar dengan pergerakan naik (thrusting).

"Kepada warga Paciran, Tuban diimbau agar tetap tenang karena kekuatan gempabumi ini belum berpotensi merusak. Berdasarkan karakteristik kegempaan yang baru saja terjadi, maka sangat kecil potensi akan terjadi gempa dengan kekuatan yang lebih besar."

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024