Jokowi Lantik 729 Perwira Remaja TNI-Polri di Istana

Presiden Joko Widodo melantik perwira muda TNI di Istana Negara
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Untuk pertama kalinya, pelantikan Perwira Remaja TNI-Polri dilakukan di Istana Merdeka. Pelantikan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Selasa 25 Juli 2017 di halaman depan Istana Merdeka.

Edy Rahmayadi Bangga Anaknya Dilantik Jadi Perwira TNI AD: Sudah Khatam Saya

Pelantikan dalam bentuk upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri, bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Laut (P) Edwin, yang merupakan Komandan Resimen Taruna Akademi Angkatan Laut.

Sebanyak 729 orang Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri terdiri dari, 437 Taruna Akademi TNI yang terdiri dari, Taruna Akademi Militer 224 orang (208 Taruna dan 16 Taruni), Taruna Akademi Angkatan Laut 94 orang (84 Taruna dan 10 Taruni), Taruna Akademi Angkatan Udara 117 orang (105 Taruna dan 12 Taruni) dan Taruna National Defence Academy (NDA) 2 orang.

Ada Insiden saat Upacara Pelantikan 833 Perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka, Sang Mayor Ambruk

Sedangkan dari Taruna kepolisian berjumlah 292 orang, yang terdiri dari Taruna 243 orang dan Taruni 49 orang.

Dalam upacara pelantikan ini juga, diberikan penghargaan Adhi Makayasa oleh Presiden Joko Widodo.

Polisi Tak Bisa Sembarangan Periksa TNI, Begini Kata Polri

Adapun empat orang Praja Remaja yang akan menerima Adhi Makayasa dari Jokowi, yaitu Letda Inf Sagala dari Akmil Wiraswanrill, Letda Teknik Samsul Huda dari Akademi Angkatan Laut (AAL), Letda Elektro Bernadinus Yoga Kristian dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan Ipda Pol Ade Hertiawan Juliansyah dari Akpol.

Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian. Terdiri dari Matra Darat (dari Akademi Militer Magelang), Matra Laut (dari Akademi Angkatan Laut Surabaya), Matra Udara (dari Akademi Angkatan Udara Yogyakarta), dan Matra Kepolisian (dari Akademi Kepolisian Semarang).

Adhi Makayasa diberikan kepada mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik. Prestasi ini dilihat dari tiga aspek, yaitu akademis, jasmani, dan kepribadian atau mental.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya