Dua Anak Petani Jadi Lulusan Terbaik Akademi Militer TNI

Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan pada empat peraih Adhi Makayasa
Sumber :
  • VIVA.co.id / Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo hari ini melantik para Perwira Remaja TNI-Polri tahun 2017 di Istana Merdeka. Ada empat perwira yang mendapat penghargaan Adhi Makayasa atau lulusan terbaik, yang disematkan langsung oleh Jokowi. 

Pemuda Bertato Ugal-ugalan Serang 2 Prajurit TNI

Keempat perwira itu mewakili masing-masing matra yaitu Akademi Militer (Angkatan Darat), Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara dan Akademi Kepolisian. 

Adapun keempat perwira remaja penerima Adhi Makayasa, adalah:

Sersan Taruna Sahabat Kental Jenderal TNI SBY Tewas di Sel Resimen

Akademi Militer Angkatan Darat atas nama Wirasawanrill Sagala, putra dari Burhan Sagala (bapak) dan Afrida Matanari (Ibu). Pekerjaan orang tua adalah PNS Pemda Dairi. Berasal dari Desa Pegunungan Julu II No. 74 Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi Sumatera Utara. 

Akademi Angkatan Laut atas nama Samsul Huda. Putra dari Bapak Slamet dan Ibu Srikanah. Orang tua Huda adalah petani, di Dusun Tutup, Desa Sidodowo, RT. 06 RW 02 Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan Jawa Timur. 

Tak Diakui Anak oleh Ayahnya, Pria Ini Berhasil Jadi Jenderal TNI

Akademi Angkatan Udara atas nama Bernardinus Yoga Kristian. Putra dari Bapak Yunianto dan Ibu Chatarina Suharyanti. Pekerjaan orang tua sebagai petani. Mereka berasal dari Kedon, RT 03 Sumbermulyo Bambang Lipuro, Kabupaten Bantul DIY. 

Akademi Kepolisian atas nama Ade Hertiawan Yuliansyah. Putra dari Bapak Herlan yang merupakan wiraswasta. Sementara Ibu bernama Rosmawariah. Beralamat di Jalan Brigjen Katamso No. 191 Delta Pawan Ketapang, Kalimantan Barat. 

Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian. Terdiri dari Matra Darat (dari Akademi Militer Magelang), Matra Laut (dari Akademi Angkatan Laut Surabaya), Matra Udara (dari Akademi Angkatan Udara Yogyakarta), dan Matra Kepolisian (dari Akademi Kepolisian Semarang).

Adhi Makayasa diberikan kepada mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik. Prestasi ini dilihat dari tiga aspek, yaitu akademis, jasmani, dan kepribadian (mental). (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya