Pemerintah Tak Menahan Jika PAN Tarik Menterinya

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Pemerintah tak akan menahan, jika menteri Kabinet Kerja Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang berasal dari Partai Amanat Nasional mundur, karena instruksi dari partai.

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

Sebagai informasi, sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN yang juga tokoh reformasi, Amien Rais, sempat meminta Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Asman Abnur yang berasal dari PAN, mundur dari Kabinet Kerja.

Permintaan itu disampaikan secara umum di tengah spekulasi memburuknya hubungan PAN dan pemerintah, usai fraksi partai ini menjadi salah satu fraksi yang 'walk out' dalam Rapat Paripurna UU Penyelenggaraan Pemilu di DPR pekan lalu.

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

JK menyampaikan, pemerintah secara umum tidak mengatur parpol pendukungnya supaya terus menerus mendukung pemerintah dengan memberdayakan salah satu kadernya menjadi menteri.

"Ya, kita kembalikan ke PAN. PAN bagaimana? Kalau PAN menginginkan itu (Asman mundur), tentu pemerintah tidak bisa menahan," ujar JK di Kantor Wakil Presiden RI, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 25 Juni 2017.

Muhaimin Ungkap Isyarat Jokowi jika Ingin Reshuffle Kabinet

Hanya saja, JK menyampaikan, jika PAN memang menginginkan menterinya mundur, permintaan itu harus disampaikan secara resmi oleh fungsionaris partai. Permintaan resmi, seyogyanya tidak disampaikan oleh Amien Rais yang merupakan bekas pimpinan PAN.

"Kalau partai yang bersangkutan minta (menterinya) keluar, enggak apa-apa. Tetapi, itu bukan Pak Amien, harus Ketua Umum, Sekretaris Jenderal," ujar JK. (asp)

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah)

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

Sejak tiba di Padang pada 29 Desember 2021, Zulkifli Hasan langsung tancap gas untuk bertemu kader-kadernya di Sumbar.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2021