Cegah Konflik, Menteri Khofifah Luncurkan Keserasian Sosial

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan bantuan Program Keluarga Harapan di Bojonegoro, Jawa Timur, pada Jumat, 23 Juni 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Kementerian Sosial merilis program baru, yakni Keserasian Sosial. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pencegahan konflik sosial bukan lagi sekadar dengan pendekatan keamanan dan pembangunan fisik, tetapi juga pendekatan budaya serta nilai-nilai luhur yang dimiliki bangsa Indonesia.

Terbitkan Edaran, Mensos Perkuat Pengamanan dan Perlindungan Anak

"Menghormati perbedaan dan saling toleransi," ujar Khofifah melalui keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id, Sabtu 29 Juli 2017. Lanjut, Khofifah, nilai-nilai budaya bangsa harus tetap dijaga dengan baik.

"Konsep baru Program Keserasian Sosial juga harus tetap menjaga nilai kearifan yang diwariskan leluhur bangsa sekaligus  merespon isu-isu aktual baik yang bersumber dari dalam maupun luar negeri, seperti radikalisme, terorisme,  gerakan intoleran, politik adudomba, sehingga kewaspadaan masyarakat terhadap potensi konflik sosial yang bisa menganggu dan mengancam disintegrasi bangsa dapat ditingkatkan," ucap Khofifah.

Mensos Beri Bantuan dan Perhatian Anak Korban Kejahatan Seksual

Sementara itu untuk mendukung berbagai upaya dalam mewujudkan keserasian sosial di daerah, Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sebesar Rp17,4 miliar untuk seluruh Indonesia. Bantuan ini dialokasikan di 160 Desa/Kelurahan, 90 Kabupaten/Kota, 22 Provinsi, 87 pendamping, 159 forum keserasian sosial.

Sejumlah daerah yang mendapat bantuan di antaranya Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Aceh, Lampung, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, NTT, Gorontalo, Maluku Utara, dan NTB. Melalui bantuan Keserasian Sosial ini, diharapkan terjadinya konflik sosial dapat diminimalisir. Sebaliknya kekompakan, keakraban dan harmonisasi tumbuh berkembang dengan baik.

Konsep Multilayanan Multifungsi, Mensos: Bantu Permasalahan Sosial

“Harmonisasi dan kohesivitas (keakraban, kekompakan) sosial merupakan kunci dari program ini. Melalui program ini diharapkan tercipta tatanan kehidupan sosial yang serasi yang dilandasi oleh nilai dasar keberagaman, toleransi, saling menghargai dan menghormati, sehingga dapat membangun, memantapkan dan mengembankan serta memelihara kembali kehidupan bersama di antara masyarakat dalam persaudaraan sejati," harapnya. (ren)

Mensos Risma ajak jajaran Kemensos laporkan SPT 2021

Mensos Risma Ajak Masyarakat Segera Lapor SPT Tahunan

Sebagai bentuk sikap taat terhadap segala ketentuan perpajakan, hari ini Mensos menyampaikan laporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak tahun 2021.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022