Komplotan Penipu Asal China dan Taiwan Beraksi di Surabaya

Tersangka sindikat penipu dan pemeras online asal China dan Taiwan ditangkap di Surabaya.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA.co.id – Tim gabungan Markas Besar Kepolisian RI dan Kepolisian Daerah Jawa Timur menggerebek sebuah rumah di kompleks Perumahan Graha Family Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 29 Juli 2017.

Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini

Sebanyak lebih dari 120 warga negara asing ditangkap, karena diduga terlibat penipuan dan pemerasan berskala internasional.

Puluhan WNA itu berasal dari China dan Taiwan. Kepolisian melakukan penggerebekan setelah menerima informasi dan mengendus aktivitas penipuan secara online yang dikendalikan dari Surabaya.

Viral Video Jemaah Umrah Indonesia Diperas Warga Lokal, Tukang Foto Nodong Dibayar 500 Ribu

"Mereka sindikat penipuan di China dan Taiwan, tapi dikendalikan dari Surabaya," kata Ketua Tim Satuan Tugas Khusus Mabes Polri, Ajun Komisaris Besar Polisi Susantyo Purnomo Condro, kepada wartawan di lokasi penggerebekan.

Penipuan yang mereka jalankan, jelas Susantyo, dilakukan melalui ruang siber. Yakni membobol data nasabah di sejumlah bank di China dan Taiwan. Mereka berpindah-pindah tempat tinggal dengan menyewa sebuah rumah untuk menjalankan kejahatan sibernya.

Jawaban Tak Terduga Irjen Karyoto Ditanya Perkembangan Kasus Pemerasan Firli Bahuri

Menakut-nakuti

Setelah data dikantongi, mereka lantas menghubungi nasabah yang diincar dan menakut-nakuti bahwa anggota keluarga nasabah ditangkap polisi. Nasabah yang tertipu diminta menemui anggota sindikat di China atau Taiwan.

"Yang di China dan Taiwan berperan sebagai polisi palsu," jelasnya.

Sindikat ini mengambil keuntungan materiil dari korbannya yang terperangkap tipuan tersebut. Menurut data dari tvOne, total keuntungan yang didapat para pelaku dari aksi itu lebih dari Rp2,4 triliun.

Berdasarkan keterangan para tersangka, jelas Susantyo, mereka beroperasi dari Surabaya agar sulit dilacak polisi di negaranya. Selain Surabaya, penggerebekan juga dilakukan di Jakarta dan Bali. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya