Korban Banjir di Belitung Terima Bantuan Rp2,72 Miliar

Salah satu dampak bencana banjir di Kabupaten Belitung, Minggu (16/7/2017). Hingga Rabu (18/7/2017), penanganan banjir ini masih belum selesai.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter

VIVA.co.id – Pemerintah menggelontorkan bantuan senilai Rp2,72 miliar untuk penanganan pascabanjir terhadap korban banjir di Kabupaten Belitung Timur dan Belitung.

Bupati Belitung Timur Siap Dukung Kejuaraan Tarkam Kemenpora

Dalam siaran persnya, Kementerian Sosial menyebut, bantuan jaminan hidup kepada 633 jiwa, bahan bangunan rumah untuk 95 kepala keluarga, bantuan penguatan ekonomi kepada 44 KK, dan bantuan paket sembako untuk 195 KK.

"semoga bantuan ini bisa meringankan," ujar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan bantuan di Kabupaten Belitung Timur, Senin, 31 Juli 2017.

Sandiaga Dorong Pemberdayaan UMKM Belitung Timur agar Buka Lapangan Pekerjaan Baru

Sebelumnya, pemerintah juga telah mengucurkan bantuan senilai Rp1,06 miliar untuk proses tanggap darurat yang terdiri dari santunan ahli waris, bantuan logistik, mie instan, dan bantuan peralatan kebersihan.

Banjir yang melanda Kabupaten Belitung dan Belitung Timur terjadi pada Jumat, 14 Juli 2017. Terdapat  enam kecamatan di Kabupaten Belitung Timur yang terendam banjir yaitu Kecamatan Simpang Renggiang, Kepala Kampit, Dendang, Damar, Gantung, dan Manggar.

Viral Video Banjir Parah Menerjang Seoul Korsel yang Memadamkan Listrik di 4.000 Rumah

Khofifah menyebut banjir ini ini dipicu meningkatnya lahan kritis, berkurangnya tutupan lahan, degradasi lingkungan, berkurangnya resapan air dan perkebunan yang tidak memerhatikan konservasi lingkungan ditambah intensitas hujan yang sangat  tinggi.

"Mari jadikan musibah ini sebagai peringatan dini bagi kita semua untuk senantiasa meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan  kewaspadaan dalam menghadapi bencana," katanya.

Banjir melanda Kabupaten Aceh Singkil

Bencana Banjir di Aceh Singkil, Ribuan Rumah di 16 Desa Terendam

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Singkil semakin memburuk, menyebabkan ribuan rumah warga di Kecamatan Singkil dan Singkil Utara terendam.

img_title
VIVA.co.id
25 Desember 2023