Sinabung Meletus, Waspada Awan Panas dan Hujan Abu

Aktivitas erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Tibta Peranginangin

VIVA.co.id – Aktivitas erupsi Gunung Sinabung kembali terjadi. Gunung api di Kabupaten Karo Sumatera Utara ini, kembali meletus dan melontarkan abu vulkanik.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Laporan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Rabu 2 Agustus 2017, Gunung Sinabung kembali memuntahkan abu vulkanik hingga setinggi 4.200 meter.

Letusan abu vulkanik berwarna pekat ini, kata Sutopo, juga disertai oleh keluarnya awan panas. "Luncuran awan panas sejauh 4,5 kilometer ke Tenggara Timur," kata Sutopo di akun Twitter resminya.

Deretan Penerawangan 2024 Nostradamus, Salah Satunya Bencana Mengerikan

Mengutip dari laporan Kebencanaan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, letusan Sinabung tercatat sebanyak tiga kali. Erupsi ini juga disertai guguran lava sejauh 1,6 kilometer.

Terkuak, Begini Isi Ramalan Jayabaya Perihal Masa Depan Pulau Jawa

Dalam laporan ini, juga disebutkan bahwa kondisi saat ini adalah telah terbentuknya penumpukan endapan di kawasan Bendungan Sungai Laborus. Sehingga, bisa membahayakan bagi warga.

Sebab, sewaktu-waktu ketika bendungan tidak mampu lagi menampung endapan, maka akan berpotensi banjir. "(Ada potensi) lahar, atau banjir bandang ke daerah hilir," tulis laporan tersebut. (asp)

Jayabaya

Terungkap Deretan Bayangan Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

Pandangan tentang masa depan Indonesia menurut ramalan-ramalan Jayabaya menarik untuk dipertimbangkan. Beberapa prediksi yang dibuatnya telah terbukti, ini deretannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024