Mendagri Minta KPK Usut Permainan Izin Lahan Gambut

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasir

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyesalkan kebakaran hutan selama ini diakibatkan maraknya permainan izin lahan gambut. Hal itu dikatakan dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Rabu 3 Agustus 2017.

Polri Sebut Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan Turun

"Gugat itu siapa yang memberi izin tanah gambut itu, tanah gambut diberi izin seenaknya saja, yang bikin kebakaran," kata Tjahjo di kantor Kementerian LHK, Gatot Subroto, Jakarta.

Tjahjo juga meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak tinggal diam atas hal ini. Dia meminta lembaga antirasuah itu untuk ikut mengusut dugaan adanya skandal pemberian izin lahan gambut.

Cara Kapolri Jenderal Sigit Minimalisir Kebakaran Hutan dan Lahan

"KPK jangan diam aja. KPK harus kejar siapa yang beri izin tanah gambut itu, siapa yang menikmati tanah-tanah gambut yang enggak bener ini," lanjut Tjahjo.

Menurut Tjahjo, saat ini KPK sendiri tengah mengusut suatu skandal izin pertambangan yang tumpang tindih. Karena itu menurut dia KPK juga seharusnya bisa mengusut terkait izin lahan gambut ini. Ia berharap KPK segera mengusut kasus ini karena triliunan rupiah diduga dalam izin lahan gambut ini.

Titik Api Meningkat, Kalimantan Barat Mulai Diselimuti Kabut Asap

"Siapa yang mengelola, siapa yang mendiamkan, yang menelantarkan, yang menjualbelikan, harus diusut. Itu triliun izin lahan gambut itu. Mudah-mudahan KPK akan segera mengurusi ini," kata Tjahjo.

Dalam Rakernas Kementerian LHK saat ini dihadiri berbagai elemen. Mulai dari Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, hingga akademisi.
    

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo

Cara Irjen Dedi Agar Anak Buahnya Cepat Cegah Karhutla di Kalteng

Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo melaksanakan apel gelar sarana prasarana (sarpras) penanggulangan karhutla.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2021