Mengenang Hari Lahir Gus Dur

Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid, Presiden Indonesia keempat yang sempat menjabat selama dua tahun pada tahun 1999-2011
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter

VIVA.co.id – Genap 77 tahun usia Gus Dur jika Presiden Indonesia keempat ini masih hidup. Namun Tuhan berkehendak lain. Tokoh muslim fenomenal bernama asli Abdurrahman Wahid ini wafat pada 30 Desember 2009 dalam usia 69 tahun.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Hari ini, Sabtu, 7 September, menjadi hari peringatan kelahiran Gus Dur bagi publik yang mengagumi sosok kharismatik ini. Di linimassa Twitter, tanda pagar #HarlahGusDur, pun menjadi puncak percakapan pengguna jejaring sosial ini.

Sejumlah ucapan dan pesan untuk Gus Dur pun bertebaran di linimassa.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045
Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Gus Dur, tokoh muslim asli kelahiran Jombang, Jawa Timur, merupakan tokoh Indonesia terkenal. Ia pernah menjabat presiden menggantikan BJ Habibie.

Selama dua tahun, mulai dari Oktober 1999 hingga bulan Juli 2001, Gus Dur memimpin Indonesia. Kepemimpinan Gus Dur terjegal setelah mandatnya dicabut oleh MPR dan digantikan oleh Megawati Soekarnoputri.

Putra pertama dari enam bersaudara cucu dari Hasyim Ashari, pendiri Nahdlatul Ulama ini merupakan putra kandung dari Wahid Hasyim, Menteri Agama Indonesia pada tahun 1949.

Semasa hidup, Gus Dur juga dikenal sebagai jurnalis aktif di beberapa media. Ia jugalah yang membidani lahirnya Partai Kebangkitan Bangsa pada tahun 1998.

Banyak pro dan kontra muncul ketika Gus Dur menjabat presiden. Salah satu yang paling fenomenal adalah Gus Dur menerbitkan Dekrit Presiden yang meminta pembubaran MPR/DPR dan membekukan Partai Golkar. Namun dekrit itu kandas. MPR malah memakzulkan Gus Dur dan menggantinya dengan Megawati Soekarnoputri. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya