Komnas HAM Tegaskan Terus Pantau Kasus Novel

Aksi dukungan untuk penyidik KPK Novel Baswedan beberapa waktu lalu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

VIVA.co.id – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) punya tim yang juga dibentuk untuk mengusut kasus penyerangan terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi, Novel Baswedan. Ia merespons pernyataan Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J Mahesa, yang menilai seharusnya Komnas HAM juga diikutsertakan dalam tim Polri-KPK.

Soal Putusan Penyerang Novel Baswedan, Ini Pernyataan Polri

"Kami ada timnya yang menangani. Dan sekarang kan sudah jalan investigasi," kata Ketua Komnas HAM, Nur Kholis saat dikonfirmasi, Sabtu 5 Agustus 2017.

Kata dia, tim tersebut dibentuk oleh salah satu komisioner mereka. Bahkan tim itu juga sudah mencari data dan informasi terkait kasus Novel.

Terdakwa Sudah Divonis Penjara, Novel Baswedan Tak Gembira

Bukan hanya itu, tim tersebut juga disebut turut berkomunikasi dengan Polri dan KPK terkait kasus ini. Ia menegaskan kalau pihaknya akan terus memantau perkembangan kasus yang menimpa Novel. "Tetap kami memantau beberapa kasus, termasuk kasus seperti Novel Baswedan," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J Mahesa, menanggapi adanya tim investigasi gabungan antara Polri dan KPK untuk mengungkap kasus penyiraman air keras penyidik KPK Novel Baswedan. Ia menilai seharusnya Komnas HAM juga diikutsertakan dalam tim ini.

Kasus Sudah Divonis, Tim Hukum Novel Tetap Desak Jokowi Bentuk TGPF

"Ini soal HAM yang jadi agenda. Yang jadi soal, Komnas HAM tidak bersuara atas proses-proses kayak begini. Karena ini kan bicara tentang HAM," kata Desmond saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu, 2 Agustus 2017.

Penyidik Senior KPK Novel Baswedan (tengah) usai diperiksa di Polda Metro Jaya

4 Tahun Teror Air Keras, Novel Sindir Polri soal Aktor Intelektual

Aktor intelektual yang dimaksud Novel belum ditangkap aparat hingga saat ini. Mata kiri Novel rusak parah.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2021