Pemerintah Jamin Pengelolaan Dana Haji Tak Dikorupsi

Jemaah Haji Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA.co.id – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan, pemerintah menjamin pengelolaan dana haji di Indonesia jauh dari praktik korupsi. Ia mengatakan, pemerintah akan menindak secara tegas untuk melakukan pengawasan agar dana tersebut tak dikorupsi.

Isu Dana Haji Dipakai untuk Bikin Infrastruktur, DPR: Semua Itu Tidak Benar

Proses pengawasan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), menurutnya, sudah ada dalam Undang Undang Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji.

"Apa jaminan dana ini tak dikorupsi? Itu ada Undang Undang 34 Tahun 2014, yang memberikan rambu-rambu bahwa BPKH itu tidak bisa begitu saja menginvestasikan di berbagai ragam investasi itu," kata Lukman di gedung Kemenkominfo, Jakarta, Sabtu 5 Agustus 2017.

Jokowi Ingatkan BPKH agar Hati-hati Kelola Dana Haji yang Besar

Selain itu, Lukman mengatakan, pemerintah mewajibkan BPKH membuat rencana strategis dalam jangka waktu lima tahun. Rencana itu, kata dia, harus diingatkan terus setiap tahunnya secara detail dan melalui persetujuan DPR.

"Mereka BPKH harus membuat renstra lima tahun, kesepakatan-kesepakatan, harus di-breakdown per tahun, dan renstra itu harus ada persetujuan dari DPR. Jadi ada beberapa tahapan kontrol dan itu semua bentuk penempatan, tidak hanya diawasi oleh pengawasan internal BPKH, tapi juga DPR," ujar dia.

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Pemerintah lewat Kementerian Agama bakal menyerahkan sepenuhnya pengelolaan dana haji kepada BPKH mulai tahun ini. Dana tersebut akan dipergunakan untuk investasi ke infrastruktur baik secara langsung maupun tidak langsung.

YouTuber Palestina, Oday Al Akhras dan Istri

Cerita Pilu Istri dari YouTuber Palestina, Lebaran Malah Jadi Tahanan Kota

Untuk pertama kalinya dalam hidupnya, istri Youtuber tersebut harus menjalani bulan Ramadhan dan Idul Fitri tanpa kebebasan untuk bepergian ke mana pun yang diinginkannya

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024