Cabai Bikin Mbah Nafingah Naik Haji

Mbah Nafinga, jemaah haji asal Kediri, Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eko Priliawito

VIVA.co.id – Mbah Nafingah tak henti-hentinya menyeka air mata. Wanita 72 tahun itu tidak menyangka bisa sampai ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji.

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Dia terus mengucap syukur karena tak menyangka akan disambut begitu meriah di lobi Hotel Twarat Zamzam, sektor 11 di wilayah Misfalah, Kota Mekah, Arab Saudi. 

Mbah Nafingah adalah jemaah asal Kediri, Jawa Timur. Wanita yang tak lancar berbahasa Indonesia ini bercerita, kalau keseharian hidupnya jauh dari kemewahan.

Melihat Lebih Dekat Fasilitas Pemondokan Jemaah Haji

"Saya ini cuma petani cabai," ujarnya.

Sedikit demi sedikit dia mengumpulkan uang tabungan haji. Agar uangnya bertambah, dia juga menanam jagung dan sayur-sayuran. Dia harus berpanas-panasan di sawah dan mengumpulkan uang selama 7 tahun.

Tips bagi Jemaah Haji Hilangkan Pegal Selama di Pesawat

"Yang membuat saya terharu adalah semuanya baik. Pelayanannya baik. Saya tidak menyangka semuanya begini bagusnya," ujarnya dalam bahasa Jawa.

Senada dengan Mbah Nafingah, Mbah Rumpingatun pun sangat bahagia bisa memenuhi rukun Islam ke-5. Dia juga seorang petani cabai di Kediri. 

Dia merasa bersyukur karena penantian panjangnya selama ini bisa terwujud. Dia dibantu sang anak mengumpulkan uang.

"Tergantung hasil panen. Tapi tahun kemarin harga cabai lagi bagus jadi saya bisa menabung," ujarnya.

Mbah Rumpingatun tidak menyangka dirinya disambut bak pengantin, diberi bunga, makanan minuman dan diiringi salawat badar berjalan di karpet merah.

"Saya benar-benar tidak menyangka," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya