Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 8 Agustus 2017 | 07:24 WIB
  • Melihat Penampakan Gerhana Bulan Sebagian di Langit Mekah

  • Oleh
    • Eko Priliawito
Melihat Penampakan Gerhana Bulan Sebagian di Langit Mekah
Photo :
Penampakan gerhana bulan sebagian di langit Kota Mekah.

VIVA.co.id – Jemaah haji dari berbagai penjuru dunia melaksanakan salat gerhana atau salat khusuf di Masjidil Haram, Mekah pada Senin malam, 7 Agustus 2017.

Dari pantauan, Masjidil Haram terlihat ramai karena mulai banyak jemaah haji yang telah berada di Mekah. Setidaknya ada 10 ribu lebih jemaah Indonesia sudah ada di Mekah.

Salat gerhana di Masjidil Haram selesai pada pukul 21.54 waktu Arab Saudi. Imam kemudian berkutbah selama 15 menit dan ditutup dengan doa. Saat pelaksanaan salat, imam dikawal dengan dua orang askar.

Sejumlah masjid di Kota Mekah juga terlihat menggelar salat khusuf berjamaah.

Gerhana Bulan merupakan peristiwa yang terjadi saat terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya cahaya sang surya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Pada 7-8 Agustus 2017, memang telah diprediksi terjadi Gerhana Bulan Sebagian. Selain terlihat di Mekah, fenomena Gerhana Bulan Sebagian ini juga dapat diamati dari wilayah Indonesia. Jadwal fase-fase Gerhana Bulan Sebagian 7 dan 8 Agustus 2017 adalah Gerhana mulai atau P1 akan mulai terjadi sekitar pukul 22.48 WIB, tanggal 7 Agustus 2017.

Gerhana Sebagian Mulai atau U1 pada pukul 00.22,2 WIB, pada 8 Agustus 2017. Puncak Gerhana akan terjadi pada pukul 01.20 WIB. Lalu, Gerhana Sebagian Berakhir pukul 02.18 WIB dan Gerhana Berakhir pukul 03.52 WIB.

Durasi gerhana dimulai dari fase Gerhana Mulai ke Gerhana Berakhir adalah 5 jam 4,9 menit. Adapun dari fase Gerhana Sebagian Mulai sampai Gerhana Sebagian Berakhir berlangsung selama 1 jam 56,6 menit. (art)