Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 8 Agustus 2017 | 16:12 WIB
  • Pura-pura Minta Sedekah, Wanita di Madinah Ternyata Copet

  • Oleh
    • Siti Ruqoyah,
    • Eko Priliawito
Pura-pura Minta Sedekah, Wanita di Madinah Ternyata Copet
Photo :
  • VIVA.co.id/Arinto
Suasana di Masjid Nabawi Madinah.

VIVA.co.id – Sektor khusus Masjid Nabawi mengungkap kasus pencurian dan penjambretan yang melibatkan komplotan penjahat modus minta sedekah. Satu pelaku ditangkap dan dua pelaku lainnya melarikan diri saat disergap Petugas Perlindungan Jemaah.

"Banyak laporan yang kami terima, lalu kami lakukan pengintaian," kata Kepala Sektor Khusus, Harun Arrosyid, Selasa, 8 Agustus 2017.

Disampaikan Harun, pelaku adalah kelompok wanita yang menggunakan cadar. Biasanya, kelompok ini mendekati jemaah setelah salat. Tiga pelaku biasanya meminta dengan memaksa dan tidak akan membiarkan jemaah pergi sebelum memberi.

Bila ada kesempatan, pelaku bahkan merogoh tas bawaan jemaah. Biasanya mereka mengincar uang milik jemaah.

"Jemaah yang tak sadar lansung dijarah isi tasnya. Mereka cepat mainnya," kata Letnan Kolonel TNI Angkatan Laut itu.

Penyelidikan untuk mengungkap para pelaku ini dilakukan selama tiga hari. Seluruh pintu masuk dan area dalam masjid dipantau. Pemantau ini akhirnya membuahkan hasil, tiga pelaku diketahui akan beraksi di dalam masjid.

"Walau jumlah kami sedikit tapi dengan seksama kami pantau. Akhirnya kami ikuti pelakunya dan kami tangkap. Petugas sempat kejar-kejaran dan kami tangkap satu pelaku bercadar. Kami serahkan kepada petugas keamanan," katanya.

Dijelaskan Harun, cara kerja pelaku ini persis komplotan copet di Jakarta, setelah mendapat barang milik korban, eksekutornya langsung memindahkan ke pelaku lain.

"Mereka mainnya berkelompok. Biasanya juga beroperasi di pintu masuk saat keadaan ramai," katanya.

Harun mengimbau agar jemaah yang sedang berada di Masjid Nabawi untuk selalu waspada. Selain itu diharapkan keada jemaah tidak membawa uang dalam jumlah banyak dan menggunakan perhiasan yang mencolok. Karena ini akan mengundang pelaku.