Presiden Jokowi Akan Hadiri Simposium Internasional MK

Pertemuan Mahkamah Konstitusi se-Asia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Simposium Internasional Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Institusi Sejenis se-Asia — Association of Asian Constitutional Courts and Equivalent Institutions (AACC) — yang dimulai Rabu, 9 Agustus akan dibuka Presiden Joko Widodo di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

MK Tolak Eksepsi, FPI Jihad, hingga Innova Diskon Rp45 Juta

Direncanakan, Jokowi akan menyampaikan pidato di depan anggota delegasi dan para undangan yang akan mengikuti acara ini hingga 10 Agustus 2017.

"Sampai hari ini positif. Presiden hadir. Presiden pidato biasa. Pidato pembukaan saja," ujar Presiden MK Asia Arief Hidayat di Solo, Selasa, 8 Agustus 2017.

MK Tolak Eksepsi Tim Jokowi soal Berkas Gugatan Baru Prabowo

Selain Jokowi, dalam agenda resmi kegiatan pertemuan MK se-Asia ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga akan menyampaikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Setelah pembukaan, pertemuan MK se-Asia ini akan dilanjutkan dengan paparan dari berbagai negara mengenai pelaksanaan demokrasi dalam negara majemuk. Setiap negara mempunyai ciri khas masing-masing dalam menerapkan sistem demokrasi tersebut.

Tim Hukum Prabowo Singgung Biaya Fotokopi Berperkara di MK Miliaran

"Dalam rangka mempunyai pengalaman sangat unik, kita sharing itu, dalam rangka sharing prinsip-prinsip yang dibangun di Indonesia, agar bisa menjadi nilai universal yang dibangun di dunia," ungkap Arief.

Arif menilai, tema yang diusung pun sangat relevan dengan kondisi Indonesia saat ini. Indonesia juga disebut mempunyai pengalaman yang panjang dalam merawat demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Indonesia punya pengalaman, mulai merintis sejak tahun 1908, Budi Utomo, Sumpah Pemuda sampai ke founding fathers 1945, bagaimana mengelola negara Republik Indonesia bisa menjadi negara demokratis dengan ideologi Pancasila di dalam masyarakat yang heterogen dan majemuk seperti di Indonesia ini," katanya. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya