Sewa Jutaan Rupiah, Pedagang Ramaikan Pemondokan Jemaah Haji

Sejumlah jemaah haji Indonesia berbelanja barang dagangan milik para pedagang musiman di pemondokan jemaah di kawasan Syisyah Mekah, Selasa (8/8/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Sejumlah pedagang musiman mulai ramai di sekitar pemondokan jemaah haji Indonesia kawasan Syisyah. Tak hanya toko dadakan, pedagang yang menggunakan mobil juga ada.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Dari pantauan VIVA.co.id, Selasa, 8 Agustus 2017, sejumlah jemaah haji yang telah selesai melaksanakan salat Asar menyempatkan diri untuk berbelanja. 

Selain membeli kebutuhan selama di Tanah Suci, jemaah juga membeli makanan ringan untuk menikmati hari-hari di dalam kamar saat tidak ada kegiatan.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Salah seorang petugas haji bernama Reza mengatakan, dia membeli makanan untuk camilan saat bekerja. Kacang almond dan cheese stick, dia beli dengan harga masing-masing per setengah kilogram 15 riyal. "Buat santai-santai saja, nanti dibagikan ke teman," kata Reza.

Baca Juga:

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

Saat musim haji datang, memang banyak pedagang musiman yang menyewa ruko-ruko di sekitar pemondokan. Tidak hanya toko kebutuhan harian. Sejumlah pedagang makanan nantinya juga ada.

"Nanti ada mi ayam dan bakso enak di belakang kantor Daker Mekah. Biasanya antre karena enak," kata Syamsul, tenaga musiman yang bertugas sebagai sopir untuk tim Media Center Haji.

Menurutnya, pedagang musiman ini rela menyewa toko kecil dengan ukuran 5x5 meter dengan harga jutaan rupiah untuk 40 hari sewa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya