Direktur Pelayanan Haji Sambut Jemaah RI di Mekah

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag RI, Sri Ilham Lubis.
Sumber :
  • Eko Priliawito

VIVA.co.id – Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri dari Kementerian Agama, Sri Ilham Lubis, bersama Kepala Daerah Kerja Mekah, Nasrullah Jasam, menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia yang tiba pada Rabu malam, 9 Agustus 2017. Rombongan jemaah ini dari Madinah dan berasal dari Embarkasi JKS kloter 13.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Sebanyak 450 jemaah yang merupakan warga Tasikmalaya, Jawa Barat, menempati pemondokan 801 di Hotel Timaa Alsyisya. Rombongan jemaah tiba pukul 22.00 waktu setempat.

"Keberangkatan jemaah berjalan dengan baik dan datang tepat waktu," katanya.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Setelah menyambut jemaah, Sri Ilham bersama Nasrullah kemudian mengecek langsung kamar dan menemui jemaah. Sri menjelaskan sejumlah penggunaan fasilitas di dalam kamar kepada jemaah.

Mulai dari penggunaan ac, kamar mandi dan televisi. Dia memastikan bahwa seluruh fasilitas yang ada di kamar hotel sudah sesuai dalam kontrak kerja. Tempat tidur dan fasilitas yang ada di kamar, seperti pendingin ruangan, handuk perlengkapan di kamar mandi, kulkas, lemari dan televisi.

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

"Kami juga sudah mengecek fasilitas yang ada di hotel tersebut. Alhamdulillah fasilitasnya lengkap," kata Sri Ilham.

Saat melakukan pengecekan di dalam kamar hotel, Sri mendapati banyak jemaah yang tidak mengerti menggunakan fasilitas yang ada. Contohnya penggunaan kartu akses masuk kamar yang juga untuk menghidupkan listrik di dalamnya, seperti lampu dan pendingin ruangan.

"Kunci kamar itu harus ditempatkan, baru AC menyala. Ini perlu disampaikan kepada jemaah," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya