Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 10 Agustus 2017 | 15:47 WIB
  • Jemaah Haji Diingatkan Pasang Pita Warna di Koper

  • Oleh
    • Lis Yuliawati,
    • Eko Priliawito
Jemaah Haji Diingatkan Pasang Pita Warna di Koper
Photo :
  • VIVA.co.id/ Eko Priliawito
Jemaah haji Indonesia diingatkan untuk memberi pita berwarna pada kopernya.

VIVA.co.id – Sebanyak 62 kloter pertama jemaah haji Indonesia dari berbagai daerah di Tanah Air sudah berada di Kota Mekah. Jumlah total jemaah yang telah tiba di Mekah, derdasarkan Sistem Komputerisasi Haji Data Terpadu (Siskohat), mencapai 24.793 orang.

Direncanakan, sebanyak 13 kloter jemaah haji akan tiba di Kota Mekah pada hari ini sampai dini hari nanti. Jemaah akan menempati 152 hotel yang tersebar di enam wilayah.

Sejauh ini tidak ada kendala berarti mengenai pemberangkatkan jemaah ke Tanah Suci. Permasalahan hanya terkait dengan pemberian tanda pada koper jemaah menggunakan pita berwarna khusus, untuk masing-masing wilayah.

Menurut Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Siregar, imbauan yang telah disampaikan kepada jemaah sejak di Tanah Air tidak dilaksanakan sehingga pengelompokan koper jemaah membutuhkan waktu yang cukup lama. "Tapi dalam pelaksanaanya, tidak semua jemaah mengetahui informasi ini," kata Sri kepada tim Media Center Haji (MCH) Kamis, 10 Agustus 2017.

Imbauan ini diterapkan karena aturan baru dari pemerintah Arab Saudi agar jemaah haji tidak berlama-lama ada di bandara. Diharapkan dengan penggunaan pita warna, proses pengaturan jemaah di bandara akan selesai dengan cepat.

Pita di Koper Jemaah

Pemberian pita berwarna pada barang bawaan jemaah dilakukan untuk memperkecil masalah. Sebab, jemaah dilarang membawa barang-barang tertentu. Selain itu, koper kadang bisa tertukar dan terbawa ke hotel jemaah haji dari kloter yang berbeda.

Selain pita warna untuk koper, jemaah juga wajib memberikan tanda warna pada kursi roda. Tanda khusus pita warna sesuai nomor rombongan kloter dan bendera merah putih khusus untuk kursi roda. Ukuran dan warna tulisan Indonesia dibuat lebih besar agar lebih jelas dibaca.

Berikut adalah pemberian warna pita dan nomor rombongan sesuai surat edaran Kementerian Agama:

1. Rombongan 1: pita warna merah
2. Rombongan 2: pita warna kuning
3. Rombongan 3: pita warna biru
4. Rombongan 4: pita warna coklat
5. Rombongan 5: pita warna hijau
6. Rombongan 6: pita warna putih
7. Rombongan 7: pita warna orange
8. Rombongan 8: pita warna ungu
9. Rombongan 9: pita warna hitam
10. Rombongan 10: pita warna merah muda.