Puluhan Imigran Gelap Asal Srilanka Ditemukan di Laut Nias

Sebanyak 33 imigran gelap asal Srilanka yang berhasil dievakuasi dari perairan laut Nias Utara, Kamis (10/8/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA.co.id – Puluhan imigran gelap asal Srilanka ditemukan sedang terombang-ambing di perairan Tureloto Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara.

Dokter Muslim Ini Difitnah Jadi Biang Keladi Pemandulan Perempuan Non-Muslim

Seluruh imigran ini pun dievakuasi oleh petugas dan dilakukan pemeriksaan. Tercatat ada 32 orang pria dan seorang perempuan berada di dalam kapal.

"Awalnya kita dapat informasi dari nelayan, sehingga petugas langsung terjun ke lokasi," ujar Humas Polres Nias Utara, Bripka Restu Gulo, Kamis, 10 Agustus 2017.

Putu DPR Minta Pemerintah Bangun Konsep Blueprint Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Dari pengakuan para imigran, mereka telah meninggalkan Srilanka sejak 3 Juli 2017 dengan tujuan Australia atau New Zealand untuk mencari suaka.

Mereka sengaja meninggalkan negaranya lantaran terjadi perang saudara antara suku Tamil dan suku Singelis. "(Namun) Pada tanggal 6 Agustus 2017, tiba-tiba mesin kapal yang mereka tumpangi rusak," ujar Restu.

CENTRIS Ingatkan Afghanistan Soal China, Supaya Tak Senasib dengan Srilanka

Karena itulah, sebanyak 33 imigran gelap ini pun terombang-ambing di laut, hingga akhirnya memasuki kawasan laut Nias.

Saat ini, seluruh warga negara asing ini telah dievakuasi dan dititipkan sementara di aula Kantor Lurah Pasar Lahewa untuk selanjutnya menjalani pemeriksaan oleh pihak Imigrasi. (mus)

Imigran gelap

Sinergi Bea Cukai Teluk Nibung dan Imigrasi Amankan Imigran Gelap di Peraian Tanjung Jumpul

Sinergi penindakan Bea Cukai Teluk Nibung dan Imigrasi Tanjung Balai Asahan berhasil amankan imigran gelap di wilayah perairan Tanjung Jumpul, pada Sabtu (29/07).

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2023