Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 10 Agustus 2017 | 18:56 WIB
  • Jemaah Haji Gelombang 2 Harus Mandi Umrah di Embarkasi

  • Oleh
    • Eko Priliawito
Jemaah Haji Gelombang 2 Harus Mandi Umrah di Embarkasi
Photo :
  • Media Center Haji (MCH) 2017
Ilustrasi jemaah calon haji.

VIVA.co.id – Jemaah haji gelombang kedua akan diberangkatkan ke Tanah Suci mulai 12 Agustus 2017. Berbeda dengan gelombang satu yang tiba di Madinah, jemaah gelombang kedua akan mendarat di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Dari Jeddah, jemaah lalu diberangkatkan ke Mekah untuk melaksanakan umrah wajib. 

Selama pemberangkatan jemaah pada gelombang pertama, ada permintaan dari pemerintah Arab Saudi, agar tidak ada penumpukan jemaah di bandara. Menurut Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis, terkait hal itu sudah dikeluarkan edaran berisi imbauan agar jemaah mandi umrah di embarkasi. 
 
“Bagi jemaah yang akan berangkat, diharapkan melakukan mandi umrah di embarkasi. Tujuannya, ketika sampai di bandara Jedah setelah pengecekan imigrasi dan beacukai, jemaah dapat langsung niat umrah di bandara dan di dorong ke Mekah untuk melaksanakan ibadah umrah,” ujar Sri Ilham di Mekah, Kamis 10 Agustus 2017.
 
Menurut Sri Ilham, bagi jemaah perempuan dapat langsung mengenakan pakai ihram sejak berangkat dari embarkasih. Sementara jemaah laki-laki bisa berganti ihram di bandara tanpan harus mandi lagi. Hal ini agar tidak memerlukan waktu lama.
 
"Sehingga mempercepat proses keluarnya dari bandara,” katanya.
 
Senada dengan Sri Ilham, Kepala Daker Bandara Arsyah Hidayat menegaskan perlunya jemaah haji gelombang kedua mandi umrah sejak dari embarkasi di Tanah Air. Adapun berganti kain ihram dan niatnya, bagi laki-laki bisa dilakukan di bandara. Ini penting untuk mempersingkat keberadaan jemaah di Bandara.
 
“Tidak bisa dibayangkan kalau setiap jemaah harus mandi dulu semua, antrean akan lebih panjang. Apalagi tahun ini kuota haji seluruh dunia kembali normal,” ujarnya.
 
Arsyad menjelaskan, pemberangkatan sebagian petugas Daker Bandara dilakukan pada 11 Agustus 2017 untuk persiapan penyambutan kedatangan jemaah haji gelonbang kedua di Jeddah.
 
Sebanyak 62 kloter pertama jemaah haji Indonesia dari berbagai daerah di Tanah Air sudah berada di Kota Mekah. Jumlah total jemaah yang telah tiba di Mekah, berdasarkan Sistem Komputerisasi Haji Data Terpadu (Siskohat), mencapai 24.793 orang.
 
Direncanakan, sebanyak 13 kloter jemaah haji akan tiba di Kota Mekah pada hari ini sampai dini hari nanti. Jemaah akan menempati 151 hotel yang tersebar di enam wilayah.