Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 11 Agustus 2017 | 06:35 WIB
  • Lebih dari 48 Ribu Jemaah Haji Indonesia Sudah Masuk Mekah

  • Oleh
    • Ezra Natalyn,
    • Eko Priliawito
Lebih dari 48 Ribu Jemaah Haji Indonesia Sudah Masuk Mekah
Photo :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito
Jemaah haji Indonesia saat baru tiba di Kota Mekah untuk mengikuti rangkaian ibadah Arbain, Senin (7/8/2017)

VIVA.co.id – Pemberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang pertama menuju Madinah sudah berlangsung selama 14 hari. Total, sudah ada 48.098 jemaah yang berasal dari 120 kloter yang tiba di Madinah melalui bandara Amir Muhammad Bin Abdul Azis (AMAA).

Kamis malam, 10 Agustus 2017, sebanyak 18 kelompok terbang telah mendarat. Mereka berasal dari sejumlah embarkasi yaitu Jakarta, Bekasi, Balikpapan, Makassar dan Medan.
 
Dalam setiap penerbangan, jemaah didampingi tim pemandu haji, pembimbing ibadah dan tim kesehatan.

Sementara hari ini, Jumat 11 Agustus 2017, akan ada lagi 14 kloter yang berasal dari sembilan embarkasi dan akan tiba di Bandara AMAA.

Dari seluruh jemaah haji yang masuk ke Madinah, sebanyak 73 kloter sudah didorong masuk ke Mekah. Berdasarkan data Siskohat, total ada 58.000 jemaah masuk Mekah dan telah ditempatkan di 11 hotel yang tersebar di enam wilayah.

Selama di Mekah, seorang jemaah bernama Slamet bin Tani Achmad meninggal dunia. Dengan penambahan ini, jemaah yang meninggal selama di Tanah Suci sudah berjumlah 15 orang. Sebanyak 13 jemaah meninggal di Madinah dan dua orang meninggal di Mekah.

Mobilisasi jemaah dari Madinah akan terus dilakukan. Sebanyak 18 kelompok terbang akan diberangkatkan sejak Jumat pagi hingga malam hari.

Sementara itu, jemaah haji gelombang kedua akan mulai diberangkatkan ke Tanah Suci pada tanggal 12 Agustus 2017. Jemaah akan mendarat di bandara King Abdul Azis International Airport, Jeddah.