Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 12 Agustus 2017 | 05:54 WIB
  • Batu untuk Jemaah Lempar Jumrah Sudah Dibungkus dan Dicuci

  • Oleh
    • Eko Priliawito
Batu untuk Jemaah Lempar Jumrah Sudah Dibungkus dan Dicuci
Photo :
  • Eko Priliawito
Arab Saudi telah mempersiapkan batu untuk melempar jumrah bagi jemaah haji.

VIVA.co.id – Muassasah Arab Saudi untuk Asia Tenggara telah mempersiapkan batu bagi jemaah haji yang digunakan untuk melempar jumrah. Batu dikemas dalam kantong kecil dan dipersiapkan untuk dibagikan kepada jemaah yang akan mulai bergerak dari Arafah pada tanggal 9 zulhijah sore.

Seperti disampaikan Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, pemberian batu dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi jemaah Indonesia. 
 
"Nanti, setiap jemaah akan diberikan pada saat di Musdalifah," ujar Sri, usai melakukan pertemuan dengan Muassasah Arab Saudi untuk Wilayah Asia Tenggara, Jumat dini hari, 11 Agustus 2017.
 
Batu kerikil tersebut dipersiapkan oleh Muassasah sejak April 2017. Batu telah dipecah menjadi kerikil dengan ukuran yang hampir sama setiap batunya. Kerikil itu juga sudah dicuci sebelum dikemas. 
 
"Soal jumlah batu dipastikan akan aman, bahkan dilebihkan," ujarnya. 
 
Sementara itu, Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) daerah kerja Mekah Ahmad Dumyanthi Basori menyatakan, soal keabsahan batu yang diambil tidak pada hari pelaksanaan haji dinilai bukan sebuah perkara. 
 
"Yang penting, batu berasal dari Musdalifah," katanya. (asp)