Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 12 Agustus 2017 | 14:42 WIB
  • Ribuan Peserta Terpikat Festival Tol Bawen-Salatiga

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Ribuan Peserta Terpikat Festival Tol Bawen-Salatiga
Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
Gerbang Tol Salatiga.

VIVA.co.id – Jalan tol Semarang-Solo Seksi III Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 kilometer akan resmi beroperasi pada 17 Agustus 2017. Untuk menarik minat masyarakat, pengelola tol mengadakan even khusus yang memberi kesempatan masyarakat mengeksplore tol tersebut.

Even yang digelar adalah Festival Jalan Tol yang digelar pada Minggu besok, 13 Agustus. Kegiatan yang digagas PT Jasa Marga Tbk dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini menjadi branding khusus terhadap tol yang populer dengan panaoramanya itu.

Direktur SDM dan Umum Jasa Marga, Kus Hartanto Koeswiranto, menyebut, kegiatan itu digelar karena sebelumnya tol Bawen-Salatiga telah dikenal sebagai tol panoramik yang mencuri perhatian publik.

"Saat dibuka sementara pada arus mudik dan balik Lebaran lalu, tol ini mendapatkan perhatian tinggi masyarakat lewat keindahannya," kata Hartanto, di Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu 12 Agustus 2017.

Keindahan yang dimaksud berada di gerbang tol Salatiga dengan beground belakang Gunung Merbabu, serta keindahan di jembatan Tuntang. Lokasi ini, bahkan kerap dimanfaatkan warga untuk berswafoto (selfie).

Festival Jalan Tol ini digelar dengan berbagai kegiatan perlombaan. Seperti fun walk dan fun bike, baik jarak dekat maupun jauh. Masyarakat juga dimanjakan dengan hiburan dan kuliner di kawasan tol.

Melalui even itu, Hartanto berharap masyarakat bisa menikmati secara gratis pemandangan di jalan tol. Bahkan, antusiasme masyarakat yang mendaftar via online hingga hari ini telah mencapai ribuan.

"Jumlah yang akan berpartisipasi diperkirakan mencapai lebih dari 5.000. Karena dari peserta yang mendaftar sudah ada 4.500. Belum nanti setelah kita buka untuk umum," beber Kusharnanto.

Seluruh lomba akan Start dan finish di gerbang tol Salatiga. Untuk fun walk, pengunjung bisa mengeksplore ruas tol sejauh 5 kilometer, fun bike jarak pendek sejauh 22,7 kilometer serta sesi jarak jauh sampai 35 kilometer dan finish di Jembatan Tuntang.

Acara sendiri dimulai 05.00 WIB. Para peserta festival diminta lebih awal memasuki lokasi pukul 04.30 WIB sehingga bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Direktur Utama Trans Marga Jateng, Yudhi Keisyunoro, mengapresiasi tingginya animo warga yang ikut festival. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan pula festival ini menjadi acara rutin tahunan untuk 16 jalan tol yang dikelola Jasa Marga yang ditargetkan beroperasi penuh pada 2019 mendatang.