Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 14 Agustus 2017 | 09:49 WIB
  • Adhyaksa Curhat ke Jokowi Dana Pramuka Telat Cair

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Agus Rahmat
Adhyaksa Curhat ke Jokowi Dana Pramuka Telat Cair
Photo :
  • VIVA.co.id/Hardani Triyoga
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault

VIVA.co.id – Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, menyinggung telatnya pencairan anggaran untuk Pramuka. Hal ini termasuk telatnya anggaran untuk kegiatan Raimuna Nasional 14-21 Agustus 2017.

Demikian disampaikan Adhyaksa dalam pidato pembukaan acara Raimuna Nasional di hadapan Presiden Joko Widodo.

"Dana rutin tahun 2017 untun Kwarnas Gerakan Pramuka sebesar Rp10 Miliar sudah kami terima seminggu yang lalu dari Kemenpora RI. Sedangkan dana untuk Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka yang kami ajukan belum turun," jelas Adhyaksa di Bumi Perkemahan Cibubur, Senin, 14 Agustus 2017.

Persoalan dana untuk kegiatan Pramuka sempat ditahan Kemenpora. Kebijakan ini terkait beredarnya video Adhyaksa termasuk salah satu pendukung Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Namun, hal itu sudah dibantah Adhyaksa termasuk saat menghadap Presiden Jokowi pekan lalu.

Meski dana telat turun, kata Adhyaksa, tetap semangat menyukseskan agenda Raimuna Nasional. Proses persiapannya acara ini dikebut pengerjaannya oleh panitia.

Bahkan dia menyebut, yang menyiapkan acara sebesar ini bukanlah dari event organizer (EO).

"Tapi panitianya adalah adik-adik sangga kerja dengan usia 16-25 tahun," lanjut mantan Menpora itu.

Dijelaskan dia, ada sekitar 15.000 peserta yang ikut dalam acara Raimuna. Menurutnya, bukan perkara yang mudah dalam mengelola peserta dengan jumlah tersebut. Apalagi kata dia, kegiatan dilakukan di luar ruangan, tidak seperti di hotel yang semuanya sudah serba disiapkan.

"Mungkin agak sulit bagi organisasi lain yang sanggup melaksanakan kegiatan besar seperti ini, sementara dana sangat minim dan diterima 7 hari menjelang pembukaan," jelas Adhyaksa.

Raimuna XI digelar sejak 14-21 Agustus 2017, dengan mengambil tema "Pramuka untuk Masa Depan Indonesia; Kreatif, Inovatif, Berkarakter". Dan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi.

Raimuna berasal dari bahasa Ambai, yang digunakan penduduk Yapen Timurdi Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Rai berarti sekelompok orang. Muna artinya daya kekuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai keberhasilan.

Maka Raimuna diartikan sebagai sekelompok orang yang tengah berkumpul bersama, dengan segala daya kekuatan yang baik untuk mencapai tujuan bersama.

Presiden Jokowi hadir didampingi Ibu Negara Iriana. Terlihat hadir juga Seskab Pramono Anung, Menpora Imam Nahrawi. Selain itu, hadir juga Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Raimuna Nasional XI di Bumi Perkemahan Cibubur

Raimuna XI digelar sejak 14-21 Agustus 2017,  Bumi Perkemahan Cibubur. Foto: VIVA.co.id/Agus Rahmat

(ren)