Bendera Kerajaan Aceh Alam Peudeung Kembali Berkibar

Bendera Alam Peudeng milik Kerajaan Aceh Darussalam yang diturunkan oleh kepolisian dan TNI di Kabupaten Pidie Jaya Aceh, Kamis (10/8/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/tribratanews

VIVA.co.id – Bendera milik Kerajaan Aceh tempo dulu berkibar di sejumlah titik di Daerah Istimewa Aceh. Beberapa langsung diturunkan oleh kepolisian dan TNI, namun tetap bermunculan.

Ulang Tahun GAM Diperingati di Aceh, Polisi Sebut Kondusif

Belum diketahui motif penyebaran bendera yang dikenal dengan sebutan Alam Peudeng tersebut. Namun kemunculannya berdekatan dengan peringatan HUT RI yang jatuh pada 17 Agustus.

Melansir dalam laporan tribratanews, hingga kabar terakhir temuan bendera Alam Peudeng ditemukan di wilayah Meureudu Kabupaten Pidie Jaya.

Bendera Bulan Bintang Berkibar saat Milad GAM di Masjid Baiturrahman

Bendera berwarna merah dengan gambar bulan-bintang di bagian atas serta pedang di bagian bawahnya itu ditemukan di empat titik, yakni di lapangan sepak bola Meureudu, kawasan Gampong Meunasah Lhok, jembatan layang Kantor Bupati Pidie Jaya dan di pinggi jalan Banda Aceh-Medan.

"Bendera langsung diturunkan oleh anggota Koramil Meureudu," tulis tribratanews.

Peringatan Milad GAM, Polisi Imbau Warga Tak Terprovokasi

Dari sejumlah pranala, diketahui Bendera Alam Peudeung merupakan bendera milik Kerajaan Aceh Darussalam pada temmpo dulu. Bendera ini digolongkan bukan dalam bendera separatis seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2007 tentang Lambang Daerah.

Bendera ini bukan lah milik kelompok separatis Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Ia merupakan simbolis historis Aceh pada masa kerajaan.

VIVA Militer: Letjen TNI (Purn.) Sutiyoso saat masih berdinas di Kopassus  TNI

Tak Takut Mati, Jenderal Kopassus TNI Datangi Sarang Teroris Sendirian

Sang jenderal Kopassus tahu risikonya ia bisa terbunuh saat menjalankan misi itu.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2020