Dua Orang di Bandung Dicurigai Sebagai Pelatih Bom Panci

Pemeriksaan rumah terduga teroris di Kota Bandung Jawa Barat, Selasa (15/8/2017).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVA.co.id – Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror menangkap lima orang terduga teroris di Kota Bandung, Selasa 15 Agustus 2017. Mereka memiliki keterkaitan dengan jaringan kelompok teror simpatisan ISIS yang dinaungi Bahrun Naim.

Sekda Ema Sumarna Mengundurkan Diri Usai Jadi Tersangka Suap Bandung Smart City

Dua dari mereka merupakan pelatih sekaligus penyedia dana untuk pembuatan bom, baik itu bom panci maupun bom kimia yang kini sedang mereka rencanakan.

"Semuanya ada hubungan dengan ledakan di Buah Batu (bom panci) kemarin," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus, Selasa 15 Agustus 2017.

Anggota Dishub Ditampol Mangkuk Bubur Ayam Usai Negur Parkir Sembarangan

Menurut Yusri, kelima orang yang kini diamankan yakni masing-masing YP alias Iyang alias Abu Nakir Shaab, lalu pasangan suami istri, AR dan AK lalu SH. Serta seorang lagi bernama R yang diamankan di wilayah Parakan Antapani Kota Bandung.

Untuk YP alis Iyang, SH dan R, diketahui merupakan pelatih pembuatan bom sekaligus pendana. Lalu AK yang merupakan suami dari AR adalah orang Indonesia yang tiga tahun lalu pernah dideportasi dari Hong Kong lantaran mengajarkan paham radikal.

Ketua KPPS di Bandung Meninggal Dunia

Kelimanya diduga merupakan anggota Jemaah Ansharut Daulah dan memiliki keterkaitan langsung dengan kelompok teror ISIS di Suriah lewat Bahrun Naim.

"Mereka sharing melalui Telegram Bahrun Naim," ujar Yusri.

Termasuk juga, kata Yusri, yakni memberi pengajaran kepada Agus Wiguna. Dia terduga teroris yang ditangkap di Kecamatan Buah Batu lantaran bom panci rakitannya meledak di rumah kontrakan. (Simak sosok Agus Wiguna di sini)

"YP, SH dan R mengajarkan Agus untuk membuat bom," ujar Yusri. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya