Amirul Hajj Minta Gerai Pembayaran Dam Diperbanyak

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dalam kunjungannya di Jeddah untuk bertemu muka dengan jemaah haji Indonesia, Minggu (20/8/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Amirul Hajj yang juga Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, berharap Pemerintah Arab Saudi memberikan kemudahan kepada jemaah haji Indonesia, terkait dikeluarkannya aturan baru tentang mekanisme pembayaran dam bagi jemaah haji pada musim haji 1438M/2017 H.

Melihat Lebih Dekat Fasilitas Pemondokan Jemaah Haji

Menurut Lukman, sosialisasi kepada jemaah haji terkait aturan baru pembayaran dam terus dilakukan. Jemaah haji diharuskan membayar dam pada tempat resmi yang telah ditentukan. Jemaah haji dilarang melakukan pembayaran dan penyembelihan hewan secara individual dan langsung di pasar hewan.

Namun begitu, Lukman berharap agar jemaah mendapat kemudahan saat membayar dam. Caranya, dengan memperbanyak gerai di dekat hotel jemaah Indonesia.

Kisah Polwan yang Jadi Pendamping Jemaah Haji Lansia

"Kami sudah mengantisipasi, kami berharap diperbanyak konter dan gerai-gerai yang bisa digunakan jemaah haji kita," katanya saat ditemui tim Media Center Haji (MCH) di Kantor Urusan Haji Jeddah, Senin, 21 Agustus 2017.

Lantaran ini adalah kebijakan baru, menurut Lukman, sangat dibutuhkan penyesuaian. Sebab itu, perlu diperbanyak tempat pembayaran dam di dekat hotel. "Agar memudahkan. Ini kan kebijakan baru dan penerapan baru butuh penyesuaian," katanya.

Rute Bus Haji Embarkasi Bekasi Diubah Karena Tol Cikampek Ditutup

Sesuai dengan ketentuan, jemaah haji Indonesia bisa membayar dam di tempat yang dikelola oleh Islamic Development Bank (IDB), atau membayar dam melalui bank yang sudah ditentukan. Ini berdasarkan edaran yang dikeluarkan Muassasah Asia Tenggara.

Jemaah tidak perlu repot dan tinggal membeli kupon penyembelihan dengan harga 450 riyal. Sejumlah tempat telah ditetapkan untuk menjual kupon, seperti di kantor pos Arab Saudi, Bank Al-Rajhi, kantor cabang Mobily, perusahaan layanan keamanan, kantor Hadiyah al-Hajj wa al-Mu 'tamir', gerai penjualan di Masjdil Haram dan Masjid Nabawi, juga di gerai-gerai penjualan di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina).  (one)
 

Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Kementerian Agama akan kembali menghidupkan Media Center Jakarta selama penyelenggaraan ibadah haji 1444 H. Media center ini akan dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2023