11 Bulan Jalan Kaki, Pria Ini Ingin Idul Adha di Aceh

Safir dan anjingnya Batu, berjalan kaki di ruas jalan Gunung Parau Aceh Besar, Kamis (31/8/2017). Sebelas bulan sudah Safir berjalan kaki menyusur Pulau Sumatera.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA.co.id – 11 bulan sudah Safir berjalan kaki menyusuri Pulau Sumatera. Berteman seekor anjing, pria asal Bekasi, Jawa Barat, ini berencana akan mengakhiri perjalanannya di titik nol Indonesia yakni Sabang.

Partai Aceh Usung Mantan Panglima GAM Jadi Calon Gubernur di Pilkada 2024

Safirul Islami, demikian nama lengkap lelaki berusia 28 tahun ini. Akhir September 2016 silam, ia memutuskan pergi dari rumahnya.

"Saya ingin kembali ke nol. Gue pikir Sabang sangat tepat. Karena paling ujung Indonesia ada titik nolnya," ujar Safir ketika ditemui di jalan lintas Gunung Parau, Aceh Besar, Kamis, 31 Agustus 2017.

Nasib 11 Pedagang Miras di Aceh yang Nekat Berjualan saat Ramadhan, Ini Ancaman Hukumannya

Dan tahun ini, bertepatan dengan hari raya Idul Adha, Safir berencana akan berlebaran di Banda Aceh. "Mudah-mudahan bisa salat hari raya di Masjid Baiturrahman. Saya belum pergi sama sekali ke sana," ujarnya.

Safir mengaku, awalnya ia hendak berkeliling Indonesia. Dengan tujuan ingin menyelesaikan proyek seni performance art yang dilakoninya.

Biadab! Pasutri di Banda Aceh Tega Paksa 2 Anaknya Mengemis, Hasilnya untuk Beli Sabu

Namun sementara baru ke Aceh dulu. Disinggung mengenai pendanaan, Safir mengaku telah mempersiapkannya selama tiga tahun sebelum aksinya berjalan kaki dimulai.

Setelah semuanya siap, Safir pun meminta restu dari kedua orangtuanya. Berbekal itulah, Safir pun nekat menjelajah Pulau Sumatera. (one)

Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024