Jusuf Kalla Serahkan Sapi 1,3 Ton ke Masjid Istiqlal

Ilustrasi sapi kurban di Masjid Istiqlal.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan satu (ekor) sapi untuk berkurban di hari raya Idul Adha 1438 Hijiriah di Masjid Istiqlal, Jakarta. Tidak hanya Jusuf Kalla, Presiden Joko Widodo juga turut menyumbang sapi dengan berat nyaris sama. 

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

Kedua sapi Jokowi dan JK itu ditempatkan di salah sudut masjid, dan kemudian diserahterimakan lewat perwakilan Kementerian Agama usai menjalani salat Id.

"Bersama ini saya menyerahkan kepada Dirjen (Dirjen Bina Masyarakat Islam) untuk diteruskan kepada pengurus Masjid Istiqlal, untuk menjadi hewan kurban atas nama presiden dan wapres untuk dibagikan kepada yang berhak, umat Islam yang berhak," kata Jusuf Kalla di Masjid Istiqlal, Jumat, 1 Agustus 2017. 

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

Sapi yang diserahkan Jokowi berbobot 1,5 ton, sementara Jusuf Kalla 1,3 ton. Kedua sapi itu peranakan Ongole yang didatangkan dari wilayah Tuban, Jawa Timur. 

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abdul Hurairah menyatakan, bobot sapi yang diberikan Presiden dan Wakil Presiden mengalami peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya

"Kalau tahun lalu sapinya berat 1,2 sampai 1,3 (ton). Tahun ini lumayan berat 1,5. Mudah-mudahan masyarakat yang bisa menikmati korban ini bisa lebih banyak harapan kami," kata dia. 

Selain kepala negara, Masjid terbesar se-Asia Tenggara ini, juga mendapatkan hewan kurban berupa satu ekor sapi dari berbagai tokoh dan pejabat negara setingkat Menteri. 

Di antaranya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan kelompok pengusaha lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya