Dibalik Gemerlap Kota Jakarta

Ilustrasi Kawasan di Meikarta /Istimewa
Sumber :

VIVA.co.id – Bagi banyak penduduknya, Jakarta adalah mimpi buruk berkepanjangan. Berbeda dengan mimpi indah para pengadu nasib yang belum merasakan kenyataan hidup di Jakarta.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Jakarta memang bukan surga seperti kerap digambarkan oleh berbagai sinetron yang sudah lama menjadi tontonan terpopuler di Indonesia.Kenyataanya, Jakarta adalah arena pertarungan yang telah membuat banyak orang frustrasi sampai nekat bunuh diri. Kebangkrutan, kemiskinan berkepanjangan, dan gagal mencari pekerjaan, adalah salah satu penyebab utama kasus bunuh diri.

Tak tanggung-tanggung pula, bahkan ada yang memaksa seluruh anggota keluarganya ikut bunuh diri. Bermacam cara dipakai untuk aksi yang mengenaskan tersebut. Ada yang minum racun, gantung diri, menabrakan diri ke kereta api, loncat dari gedung tinggi, bahkan membakar diri.

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

Kenyataan di atas membuktikan bahwa di balik gemerlapnya lampu kota dan mewahnya gedung-gedung pencakar langit, Jakarta juga bisa menjadi penghancur mimpi. Kemilau Jakarta bukanlah gula seperti dalam peribahasa ‘ada gula ada semut’.

Kemilau tersebut mengandung racun mematikan bagi siapa saja yang menelannya. Betapa kerasnya hidup di Jakarta digambarkan oleh sebuah laporan Badan Pusat Satistik (BPS), yang menunjukkan sampai Februari lalu sekitar 60 persen pekerja di Jakarta bekerja di sektor informal alias kaki lima. Artinya, mereka bekerja tanpa kontrak, dibayar tak sampai separuh dari upah minimum propinsi (UMP), jam kerja di atas ketentuan yang berlaku, setiap saat bisa kehilangan pekerjaan tanpa pesangon, dan bahkan dianiaya oleh majikan.

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti yang Ada di Indonesia

Dalam kondisi seperti itu, mereka terpaksa tinggal berjubel di kamar-kamar sewaan yang dibangun asal jadi di berbagai kawasan kumuh. Maka tak aneh kalau mereka rentan terhadap gangguan kesehatan jiwa dan jasmani. Bagaimana tidak, kawasan semacam itu selain kotor juga rawan dimana kekerasan bisa terjadi setiap saat.

Kebakaran juga menjadi ancaman serius bagi mereka. Hampir semua kebakaran yang setiap tahun berkali-kali melanda Jakarta terjadi di kawasan kumuh. Bangunan asal jadi, jaringan kabel listrik amburadul, kompor berkarat, dan rumah kayu adalah penyebab utama malapetaka yang telah menelan banyak korban jiwa dan harta itu.

Mimpi mereka tentu makin hancur ketika menghadapi kenyataan bahwa anak-anak harus putus sekolah. Apalagi ketika mereka menyadari bahwa anak-anak di Jakarta sangat rentan terhadap pengaruh dunia kejahatan. Di Jakarta bahkan sering terbetik kabar tentang penjahat sex yang suka memangsa anak laki maupun perempuan.

Jakarta memang bukan sekadar gedung-gedung mewah atau mobil-mobil super yang banyak bertebaran di segala pelosok kota. Di sana terdapat banyak jebakan yang bisa membuat berjuta orang miskin berkepanjangan. Jebakan yang bisa menghancurkan harapan para pemuda idealis yang pernah percaya bahwa kerja keras bisa membawa mereka ke puncak kenikmatan Jakarta. (webtorial)  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya