Empat Kapolda Dikumpulkan Bahas Rencana Demo di Borobudur

Empat kepala Polda dikumpulkan untuk membahas rencana demonstrasi solidaritas etnis muslim Rohingya di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada 8 September 2017.
Sumber :
  • Polda Jawa Tengah

VIVA.co.id - Markas Besar Polri mengumpulkan empat petinggi Kepolisian Daerah (Polda) untuk mengantisipasi pengamanan rencana aksi demonstrasi solidaritas etnis muslim Rohingya di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Empat Polda yang dikumpulkan masing-masing Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Rapat itu digelar di aula utama Markas Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah di Semarang pada Selasa, 5 September 2017. Pertemuan dipimpin langsung Asisten Operasional Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan. 

Empat kepala Polda yang hadir, antara lain Kepala Polda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Chondro Kirono; Kepala Polda DI Yogyakarta, Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Dofiri; Kepala Polda Jawa Timur mengutus wakilnya, Brigadir Jenderal Polisi Awan Samodra, dan perwakilan pejabat di Polda Jawa Barat.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, rapat koordinasi digelar tertutup sejak pukul 14.00 WIB. Seorang pejabat Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Tengah membenarkan ihwal rapat koordinasi itu.

"Iya, ini masih rapat bahas terkait aksi di (Candi) Borobudur. Empat jajaran Polda hadir. Nanti selesai sebelum magrib," kata pejabat yang menolak disebutkan namanya itu.

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rapat itu adalah tindak lanjut perintah Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian tentang pelarangan rencana unjuk rasa solidaritas terhadap etnis Rohingya di Candi Borobudur pada Jumat, 8 September 2017. Aksi itu diklaim akan diikuti ribuan orang dari ratusan organisasi. (ase)

Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024