Jawa Barat Siap Tampung Korban Rohingya

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyatakan, Jawa Barat siap menampung korban tragedi kemanusiaan muslim Rohingya Myanmar. Menurutnya, provinsi yang dia pimpin siap jadi penyambung asa jika pemerintah pusat mengeluarkan instruksi membuka posko bantuan.

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

"Tentu kita ikut pemerintah pusat. Jika pemerintah pusat mengatakan tampung di Jawa Barat, tentu ditampung," ujar Ahmad Heryawan seusai penggalangan dana bantuan Rohingya di Gedung Sate Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat 8 September 2017.

Pria yang akrab disapa Aher itu menuturkan, keputusan untuk memberikan bantuan khusus bagi para korban Rohingya, berada di kewenangan pemerintah pusat. "Urusan mengungsi, urusan pemerintah pusat. Pusat yang mengatur, tapi kalau kemudian pusat menugaskan ke Jawa Barat, tentu kita harus siap," katanya.

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh

Aher memastikan, Pemprov Jawa Barat siap mendukung penuh langkah konkret pemerintah pusat dalam penanganan muslim Rohingya. Menurutnya, berkaca pada posko penampungan korban asal Vietnam di Pulau Galang di Kota Batam Riau, maka Jawa Barat optimis bisa berkontribusi mengurangi beban muslim Rohingya.

"Siap tidak menolak. Kita punya pengalaman yang hebat. Ketika kita menampung pengungsi Vietnam di Pulau Galang, berapa tahun mereka hidup di Pulau Galang? Mereka kembali ketika negaranya aman kembali," terangnya.

Polda Jabar Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi Mulai 6 April 2024

Aher menuturkan, pengalaman tersebut akan menjadi motivasi masyarakat Jawa Barat menjadi membantu korban konflik di Rohingya.

"Kita punya pengalaman. Boleh jadi, pengalaman tersebut untuk Rohingya," katanya.

Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024