Salah Naik Bus, Kakek Raisan 'Nyasar' ke Madinah

Kakek Raisan (kanan) nyasar hingga Madinah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Kisah yang dialami Kakek Raisan cukup mengejutkan. Jemaah haji berusia 75 tahun itu sempat tersesat sampai Madinah dari Mekah pada Rabu 6 September 2017. 

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Saat berada di Kantor Urusan Haji Indonesia Daker Madinah, Kakek Raisan menceritakan kisahnya kepada petugas. Dia mengaku tertinggal rombongannya saat berada di Masjidil Haram setelah melaksanakan salat Ashar. 

Dalam keadaan bingung dan tak tahu arah pulang ke pemondokan, dia keluar masjid. Seperti saat ke Masjidil Haram, Kakek Raisan kemudian memutuskan untuk naik bus. 

Melihat Lebih Dekat Fasilitas Pemondokan Jemaah Haji

Saat ditawari naik bus, Kakek Raisan ikut saja. Dia merasa bus itu adalah bus Salawat yang rutenya melewati pemondokan jemaah.

"Pokoknya ada bus saya naik saja. Ternyata salah. Di bus lama dan enggak sampai-sampai," kata Kakek Raisan.

Kisah Polwan yang Jadi Pendamping Jemaah Haji Lansia

Benar saja, bus yang dinaiki Kakek Raisan rupanya angkutan umum yang kebetulan menuju ke Madinah. Merasa tak kunjung tiba, hati Kakek Raisan resah. Dia juga bingung saat ditarik ongkus oleh kru bus. Terbiasa naik bus Salawat yang biasanya gratis, Kakek Raisan menolak bayar ongkos.

"Minta 50 Real, saya tidak mau kenapa bayar," katanya.

Setelah lebih dari enam jam dalam perjalanan, Kakek Raisan kemudian tiba chek point di kawasan Madinah. Dia kemudian diturunkan oleh kru bus dan ditemukan oleh petugas haji Indonesia. 

Kakek Raisan lalu dibawa ke kantor Daker Madinah. Dia sempat dua hari menginap di kantor sebelum akhirnya diantarkan kembali ke Mekah. Raisan adalah jemaah haji Indonesia gelombang kedua yang baru akan ke Madinah pada 12 September 2017.

Selama menginap di Daker Madinah, Kakek Raisan sempat gelisah. Dia mengatakan tak sabar ingin kembali berkumpul dengan rombongannya. Bahkan dia sempat tak mau makan. Setelah diajak ngobrol dan bercanda, pikiran Kakek Raisan mulai tenang. 

"Mau ngopi kong?" tanya Rusdi, salah satu petugas haji Indonesia. "Mau," jawab Raisan.

Mekah ke Madinah memang bukan perjalanan singkat. Kalau naik bus membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 7 jam. Menurut Google Maps, jarak Mekah-Madinah mencapai 438 Kilometer.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya