KPK Akui Lakukan Pertemuan dengan PDIP, Ini yang Dibahas

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.
Sumber :
  • Syaefullah

VIVA.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi mengakui telah melakukan pertemuan dengan pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), beberapa waktu lalu. 

Bantah Isu Taliban, Pimpinan KPK: Adanya Militan Pemberantas Korupsi

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengklaim bahwa pertemuan tersebut membahas kerja sama pemberantasan korupsi. Sekaligus mengklarifikasi adanya wacana pembekuan KPK yang digulirkan sejumlah anggota DPR RI.
 
"Saya kira perlu diperjelas, apa keinginan membekukan KPK itu dari perorangan atau merupakan sikap fraksi atau sikap DPR RI secara institusional? Justru dari fraksi PDIP misalnya, ketika tim KPK berdiskusi sebelumnya dengan sejumlah pengurus PDIP, ada komitmen bersama untuk memperkuat demokrasi melalui partai politik dan kerja pemberantasan korupsi," kata Febri, Senin, 11 September 2017.

Sebelumnya, KPK membantah adanya agenda pertemuan tersebut. Di tengah penanganan beberapa kasus korupsi besar yang diduga melibatkan kader PDIP, pertemuan ini dianggap penting untuk diketahui publik. 

Struktur KPK Gemuk, Dewas Sudah Ingatkan Firli Bahuri Cs

Menanggapi hal tersebut Febri menegaskan komitmen institusinya dalam membongkar perkara-perkara besar. Meskipun dikatakan bahwa KPK terus diserang sejumlah pihak melalui wacana-wacana revisi UU KPK, dan teranyar wacana pembekuan. 

"Jika benar ada keinginan sejumlah pihak agar KPK berhenti bekerja, tentu itu sangat mudah dibaca. Upaya pelemahan KPK sejauh ini terjadi berulang kali, baik melalui revisi UU KPK hingga pembubaran KPK. Terutama ketika kami sedang menangani kasus besar," kata Febri.

KPK Tetapkan 3 Tersangka Baru Kasus Korupsi Dirgantara Indonesia

Menurut mantan peneliti ICW itu, koruptor sangat senang bila KPK dibekukan apalagi dibubarkan. Terlebih lagi lembaga antirasuah itu sedang menangani perkara yang total kerugian negaranya sampai triliunan rupiah, seperti kasus e-KTP. 

"Apakah ada pihak-pihak yang ingin kasus itu dihentikan? Jika memang ada, tentu yang paling diuntungkan adalah para koruptor," kata Febri. (one)

Politikus PDIP Albertus Sumbogo

Datangi DPP PDIP, Pentolan Barisan Celeng Siap Jelaskan Dukung Ganjar

Albertus Sumbogo penuhi panggilan DPP PDIP ke Jakarta terkait manuvernya mendukung Ganjar sebagai capres.

img_title
VIVA.co.id
15 Oktober 2021