Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 11 September 2017 | 16:01 WIB
  • 12 ABK Kapal Cahaya Nirmala II Hilang di Laut Bali

  • Oleh
    • Dedy Priatmojo,
    • Bobby Andalan (Bali)
12 ABK Kapal Cahaya Nirmala II Hilang di Laut Bali
Photo :
  • VIVA/Bobby Andalan
Tim SAR melakukan pencarian 12 ABK yang hilang

VIVA.co.id – KM Cahaya Nirmala II mengalami kebocoran di laut Bali, tepatnya sekitar 10 mil Utara Pelabuhan Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng dinihari tadi, Senin 11 September 2017 pukul 00.45 WITA. Kantor SAR Denpasar yang mendapat laporan bertindak cepat menerjunkan tim untuk mengevakuasi 12 orang ABK yang terseret arus akibat insiden tersebut.

Kepala Kantor SAR Denpasar, Ketut Gede Ardana menjelaskan, KM Cahaya Nirmala II bertolak dari Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu 9 September 2017 pukul 17.00 WITA. Tujuannya adalah Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun, saat perjalanan kapal tersebut mengalami kebocoran dan kandas di tengah lautan.

"Kami mendapat informasi dari Abdi yang merupakan anak kapten kapal bernama Ibrahim. Kami langsung menerjunkan personel untuk melakukan pencarian korban," kata Ardana, Senin 11 September 2017.

Ia melanjutkan, petugas SAR kemudian melakukan pelayaran selama 1,5 jam untuk mendekat ke lokasi kapal nahas tersebut. Sesampainya di lokasi, tim SAR langsung menyisir untuk menemukan ABK yang terapung di laut. Pencarian menggunakan helikopter pun dilakukan.

"Tim SAR telah berupaya maksimal dengan mengerahkan SRU laut dan SRU udara, sampai dengan saat ini masih belum berhasil menemukan tanda-tanda keberadaan korban," ungkapnya.

Pemilik kapal, Arianto, sudah berusaha menghubungi Muchtar sebagai Mualim II, namun tidak bisa tersambung. Koordinasi Kantor SAR Denpasar dengan Arianto melalui sambungan telepon terus dilakukan untuk memastikan perkembangan kondisi seluruh ABK KM Cahaya Nirmala II.

Dengan kondisi alun kurang bersahabat, upaya penyisiran di perairan Celukan Bawang masih berlanjut. "Hingga pukul 10.45 WITA luas areal pencarian yang direncanakan sekitar 131,68 Nm. Sampai dengan berita ini diturunkan, operasi SAR belum memberikan hasil, masih belum ada kejelasan tentang keberadaan KM Cahaya Nirmala II, begitu juga dengan nasib para ABK-nya," terang Ardana.  (ase)