Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 11 September 2017 | 21:36 WIB
  • Pelaksana E-KTP Setor Rp2 Miliar ke Rudi Alfonso

  • Oleh
    • Rochimawati,
    • Edwin Firdaus
Pelaksana E-KTP Setor Rp2 Miliar ke Rudi Alfonso
Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek KTP elektronik Andi Narogong di Tipikor

VIVA.co.id – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi menghadirkan Direktur PT Quadra Solutions, Ahmad Fauzi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin 11 September 2017. Fauzi bersaksi untuk terdakwa Andi Agustinus, alias Andi Narogong.

Dalam persidangan, tim jaksa KPK mengonfirmasi kepada Fauzi mengenai barang bukti berupa kertas tagihan dan bukti transfer. Dalam bukti itu, PT Quadra tercatat pernah menyetorkan Rp2 miliar kepada Persekutuan Alfonso and Partner. 

"Apa saksi tahu Rudi Alfonso? Apa kenal dengan Samsul Huda?" kata Jaksa KPK Taufiq Ibnugroho kepada Fauzi. Namun, Fauzi mengatakan tidak kenal dan tak tahu dengan Rudi Alfonso, atau pun Samsul Huda. Fauzi berdalih lupa, apakah ada kaitan antara PT Quadra dengan kantor hukum yang dipimpin Rudi Alfonso.

"Coba ingat, kami punya bukti dan ada tanda tangan saksi di dalam bukti. Nanti, akan kami tunjukkan," kata jaksa Taufiq. Menurut jaksa, pembayaran uang senilai lebih dari Rp2 miliar itu dilakukan melalui transfer bank. Pembayaran pada 2013 itu diduga terkait konsultasi hukum.

PT Quadra Solutions adalah salah satu perusahaan yang menjadi pelaksana proyek e-KTP. PT Quadra tergabung dalam Konsorsium Perusahaan Umum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI). Meski begitu, saat uang Rp2 miliar itu diberikan, KPK belum menyelidiki korupsi pengadaan e-KTP.

Sebagai informasi, Samsul Huda saat ini jadi penasehat hukum Andi Narogong. Sementara itu, Rudi Alfonso adalah Ketua bidang Hukum Partai Golkar.